Bone BolangoGorontaloKabar Desa

Kades Mootayu Ikut Pelatihan Manajemen dan Penanganan Kasus Perempuan dan Anak

BeritaNasional.ID, KOTA GORONTALO – Kepala Desa Mootayu Basir Kasiaradja mengikuti Pelatihan Manajemen dan Penanganan Kasus Perempuan dan Anak yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Bone Bolango di Hotel Aston Kota Gorontalo, Kamis (1/5/2023).

Untuk diketahui, agenda pelatihan tersebut merupakan program Pemerintah Kabupaten Bone Bolango yang diikuti oleh seluruh Kepala Desa beserta relawan se-Kabupaten Bone Bolango.

Diwawancarai usai kegiatan, Basir Kasiaradja mengungkapan bahwa dirinya sangat bersyukur Desa Mootayu masuk sebagai Desa Dampingan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA). Dia bahkan menyatakan komitmennya untuk memastikan tidak ada tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak di desanya.

“Kami bersyukur dan bangga masuk sebagai desa dampingan DRPPA ini. Kami berkomitmen untuk memastikan jangan sampai ada tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak di desa kami,”ungkap Basir.

Sementara itu Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli mengatakan bahwa salah satu pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak membutuhkan peran langsung dari Kepala Desa.

“Kepala Desa adalah orang yang berbaur langsung dengan masyarakatnya, sehingga ini yang akan menjadi penghalang bagi para calon pelaku untuk melaksanakan aksinya,” kata Merlan.

Merlan berharap, dengan adanya pelatihan manajemen dan penanganan kasus bagi perempuan dan anak itu, dapat memberikan ilmu dan strategi bagi Kepala Desa dalam melayani masyarakat.

“Mudah-mudahan ini dapat diimplementasikan ditengah-tengah masyarakat khususnya Kepala Desa yang selalu menerima keluhan dan laporan terkait dengan tindak kekerasan,”tandasnya. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button