Daerah

Parpol Kecil Bersatu Ramaikan Pilbup Bondowoso

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Partai Politik (Parpol) yang sudah menyongsong Pemilihan Bupati (Pilbup) adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), baik kesiapan Parpolnya maupun Bakal Calon Bupati (Bacabup) dan Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup)-nya.

Sementara PPP hanya menyiapkan Bacabupnya. Sedangkan Bacawabup maupun Parpolnya masih belum siap, karena PPP harus berkoalisi dengan Parpol lain. Ada juga H. Fauzi Cahyo Purnomo, S.Sos yang belum mengumumkan Parpol pengusungnya.

Yang lebih menarik lagi, ada tiga Parpol yang berkoalisi dan masih belum menemukan Bacabup dan Bacawabup. Ketiga Parpol tersebut adalah Partai Gerakan Rakyat Indonesia (Gerindra), Partai Demokrat (PD) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ketiga Parpol ini sudah memenuhi syarat untuk mengusung Bacabup dan Bacawabup. Dalam Pemilu Pileg tahun 2024, Partai Gerindra mempunyai 4 kursi, PKS 2 kursi, dan dan PD 4 kursi, total 9 kursi.

Setyo Budi, Ketua Partai Gerindra mengatakan, ketiga Parpol yang tergabung mempunyai keinginan yang sama. Bondowoso menjadi lebih baik. Siapapun boleh mencalonkan diri sebagai Bupati dan Wakil Bupati lewat koalisi 3 Parpol ini.

“Ketiga Patpol sepakat, Bacabup dan Bacawbup yang akan diusung harus mampu membawa Bondowoso menjadi lebih maju, berkeadilan, sejahtera dan bermartabat,” kata Koordinator 3 Parpol tersebut.

Siapapun, lanjut anggota DPRD Kabupaten Bondowoso dari Fraksi Gerindra ini, boleh mendaftar pada koalisi tiga Parpol ini (Partai Gerindra, PD, dan PKS, red). Yang penting mampu membawa Bondowoso menjadi lebih baik.

“Terbentuknya koalisi tiga Parpol ini merupakan sejarah baru dalam perpolitikan di Bondowoso. Sebelumnya Parpol kecil tidak mempunyai daya tawar politik yang kuat. Dengan bersatunya tiga Parpol ini, keberadaan Parpol kecil juga akan diperhitungkan,” kata Bangkit, sapaannya.

Koalisi ini, lanjutnya, tidak ujug-ujug jadi, tapi melalui proses yang panjang. Komunikasi politik dilakukan sejak sebelum bulan puasa. Sebagai warga Bondowoso, yang diinginkan membangun Bondowoso menjadi lebih baik. (Syamsul Arifin/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button