Kalimantan Barat

Polres Sekadau Turunkan 81 Personel Amankan Apel Akbar Hari Santri Nasional 2023

BeritaNasional.ID, SEKADAU KALBAR – Polres Sekadau menurunkan 81 personel untuk mengamankan kegiatan Apel Akbar Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2023. Mengusung tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”, kegiatan ini dipusatkan di Pondok Pesantren Al-Rahmah Sekadau, Jalan Merdeka Timur, Kecamatan Sekadau Hilir.

Kapolres Sekadau, AKBP Suyono, melalui Kasi Humas IPTU Agus Junaidi, menjelaskan bahwa pengamanan sudah dimulai sejak Sabtu (21/10) malam dengan acara Gema Sholawat sebagai pembukaan HSN, kemudian dilanjutkan dengan Apel Akbar di pagi harinya.

“Pengamanan ini melibatkan 81 personel gabungan dari Reskrim, Intelkam, Samapta, Lantas, dan Propam. Tujuan utama pengamanan ini adalah memberikan rasa aman dan nyaman kepada para peserta dan masyarakat yang turut hadir dalam peringatan Hari Santri Nasional,” ujar IPTU Agus Junaidi, Minggu (22/10/2023).

IPTU Agus mengatakan, pentingnya peran santri dalam membentuk karakter generasi muda yang berkualitas. Hari Santri Nasional adalah momen yang penting untuk menghargai jasa dan kontribusi santri dalam pembangunan masyarakat dan negara.

“Dalam peringatan Hari Santri Nasional ini, kita juga ingin meningkatkan apresiasi kepada para santri yang telah berperan aktif dalam bidang pendidikan, keagamaan, dan kegiatan sosial di masyarakat. Mereka adalah garda terdepan dalam menjaga keutuhan bangsa,” kata IPTU Agus.

IPTU Agus menjelaskan bahwa sejarah Hari Santri bermula dari fatwa ‘Resolusi Jihad’ yang dikeluarkan oleh KH. Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945. Fatwa tersebut memerintahkan jihad dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia melawan penjajah yang masih berada di tanah air.

Polres Sekadau sangat mendukung kegiatan HSN di Kabupaten Sekadau, dengan memberikan pengamanan untuk memastikan kelancaran dan keamanan selama kegiatan HSN berlangsung.

“Hari Santri Nasional dirayakan setiap tahun. Pada momentum ini, kita berharap seluruh masyarakat dapat bersatu dan menghormati kontribusi yang telah diberikan oleh para santri,” tambah IPTU Agus. (Aji/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button