SumateraSumatera Utara

Wali Kota Medan Lantik Topan Ginting Jadi Penjabat Sekda Medan

BeritaNasional.ID, KABANJAHE SUMUT – Wali Kota Medan Bobby Nasution melantik Topan Obaja Putra Ginting, S. STP., M.S.P. menjadi Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah, Senin (13/5) di Ruang Rapat III Kantor Wali Kota Medan. Bobby Nasution menekankan agar Pj Sekda yang baru dilantik ini dapat menciptakan lingkungan internal dan eksternal Pemko Medan yang kondusif.

“Pemko Medan bukan cerita tentang satu atau dua orang, bukan berhasil atau gagal karena satu atau dua orang. Pemerintahan ini akan berhasil, akan baik, atas kerja bersama-sama, atas kerja tim, baik internal maupun eksternal, bersama Forkopimda maupun masyarakat,” ucap Bobby Nasution saat memberikan arahan dalam pelantikan dan pengambilan sumpah janji Penjabat Sekda Kota Medan yang dihadiri antara lain oleh Wakil Wali Kota Medan H. Aulia Rachman, unsur Forkopimda, Ketua TP PKK Medan Kahiyang Ayu Bobby Nasution, para Asisten Setdako, segenap pimpinan perangkat daerah, dan camat.

Bobby Nasution mengingatkan agar kolaborasi tetap dijaga dengan baik dan mencegah adanya kubu-kubu, faksi-faksi, dan kelompok-kelompok di lingkungan Pemko Medan. Wali Kota juga menekan agar jangan ada egoisme individual dan sektoral. Semua harus bersama-sama bekerja dalam mencapai kesejahteraan masyarakat Medan.

“Oleh karena itu, tugas kita bersama menciptakan lingkungan yang kondusif, baik internal maupun eksternal,” ungkap Bobby Nasution seraya berharap hal ini menjadi penekanan bagi Pj Sekda yang baru dilantik.

Bobby Nasution juga mengingatkan Topan bisa mendorong seluruh perangkat daerah mencapai target kerja yang telah ditetapkan.

“Kita semua punya target kerja. Jangan tinggalkan kerja di Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, Bina Konstruksi yang masih Saudara pimpin. Apa yang kita targetkan di Tahun 2024 harus tercapai,” tegas Bobby Nasution.

Wali Kota berpesan agar Topan fokus dalam upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Bobby Nasution berharap agar sektor perpajakan dapat berjalan baik dan mewujudkan inovasi dalam meningkatkan pendapatan. Artinya, pekerjaan dan pendapatan dapat terwujud.

Pada bagian akhir Bobby Nasution mengingatkan tentang pentingnya menjauhi pungli dan korupsi. “Kita diberi amanah untuk masyarakat, kita bertanggung jawab di dunia dan akhirat. Jadikan jabatan ini bukan dipandang mulia di dunia, tetapi juga di akhirat. Laksanakan tugas sebaik-baiknya.”

Pengangkatan Topan ini berlandaskan Surat Keputusan Wali Kota Nomor 800.1.3.3/421A tentang Pengangkatan Penjabat Sekretaris Daerah Kota Medan. Dalam Surat Keputusan itu ditetapkan pengangkatan Topan sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Kota Medan di samping jabatannya sebagai sebagai Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi Kota Medan.

Saat ditemui wartawan usai melantik dan mengambil sumpah janji Topan, Bobby Nasution menerangkan, pengangkatan Pj Sekda ini menyusul Wiriya Alrahman yang sebelumnya menjabat Sekda Medan diangkat menjadi Pj Bupati Deliserdang. Kebetulan, lanjut Bobby Nasution, beberapa waktu sebelumnya dirinya mengajukan cuti untuk menunaikan ibadah umrah. Waktu yang mendesak dan untuk pengangkatan Pj Sekda harus mendapat persetujuan Gubernur, maka disarankan, termasuk oleh Wakil Wali Kota, untuk menunjuk Pelaksana Harian (Plh) Sekda sembari menunggu masa cutinya selesai.

“Setelah masa cuti selesai baru menunjukkan Pak Topan sebagai Pj Sekda,” ungkap Bobby Nasution didampingi Wakil Wali Kota, H. Aulia Rachman.

Bobby Nasution menegaskan, pengangkatan Topan sebagai Pj Sekda sudah melalui pertimbangan yang matang. Nama Topan mengerucut sebagai figur yang dinilai bisa memonitoring program-program utama Pemko Medan serta mengkoordinasikan dan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi maupun pusat.

Data yang diperoleh menunjukkan, Topan Obaja Putra Ginting merupakan birokrat yang berpengalaman dan pernah dipercaya dalam berbagai jabatan di Pemko Medan. Selain masih menjabat sebagai Kadis Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi, Topan pernah pernah menjadi kepala bidang di Dinas Komunikasi dan Informatika, Camat Medan Tuntungan, Kabag Pengadaan Setdako, Plt. Kadispora, dan Plt. Kadis Pendidikan Medan. (Kiel/Bernas)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button