DaerahJawa TimurPolitikSitubondo

HM Nasim Khan : Pembangunan Jalan Tol Cukup Sampai Kecamatan Suboh Situbondo

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – HM Nasim Khan, Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa meminta kepada pemerintah pusat untuk pembangunan jalan Tol Probowangi, cukup diakhiri di wilayah Kecamatan Besuki atau Suboh, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Rabu (17/04/2024).

Menurut Nasim Khan, jika pembangunan Jalan Tol Probowangi tembus hingga Kabupaten Banyuwangi, maka akan berdampak pada pembangunan perekonomian para pelaku Usaha Kecil Menengah di Kabupaten Situbondo dan banyak yang akan gulung tikar. Sebab, banyak kendaraan tidak masuk di wilayah kota Kabupaten Situbondo.

“Saya berharap dan akan minta ke pemerintah pusat pembangunan Jalan Tol Probowangi hanya sampai di wilayah Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo. Sebab, jika pembangunan jalan Tol tembus hingga Kabupaten Banyuwangi, maka para pelaku UMKM di Kabupaten Situbondo banyak yang gulung tikar karena tidak ada pembeli,” terang Nasim Khan ketika sidak Gas LPG 3 kilogram di Situbondo.

Tak hanya itu yang disampaikan Nasim Khan, namun dia mengemukakan bahwa dampak pembangunan jalan tol tembus hingga Kabupaten Banyuwangi, maka akan berdampak juga pada dunia pariwisata di Kabupaten Situbondo. “Semoga usulan saya sebagai anggota legislatif dari Dapil III Jawa Timur di kabulkan oleh pemerintah pusat,” kata Nasim Khan.

Lebih lanjut, Nasim Khan mengatakan, memang dalam Perpres sudah tertuang bahwa Pembangunan Jalan Tol Probowangi jalur Jawa Timur ujung sampai di Kabupaten Banyuwangi. Tetapi, setelah melihat kondisi yang terjadi saat ini, Kabupaten Situbondo khususnya sebagai kabupaten yang akan berpengaruh dalam segala hal.

Selain itu, pembebasan yang bermasalah hingga saat ini hanya sampai bagian barat Situbondo. Belum lagi permasalahan kelestarian alam dan habitat di hutan Taman Nasional Baluran yang melewati atau melintas area Puslatpur Marinir. “Kelestarian lingkungan hidup juga harus kita pikirkan,” jelas Nasim Khan.

Nasim Khan mengatakan, sesuai dengan planing yang ditetapkan bersama dalam Rapat Kerja dan RDP bersama Menteri BUMN dan pihak Jasa Marga, maka pembangunan jalan tol Probowangi cukup di wilayah barat Kabupaten Situbondo, yakni di Wilayah Kecamatan Besuki atau Kecamatan Besuki.

“Oleh sebab, saya akan kembali mempersoalkan atau mempertanyakan aspiradi rakyat Situbondo dalam Rapat Kertja dan RDP bersama Menteri BUMN dan pihak Jasa Marga serta pihak terkait lainnya,” pungkas anggota legislatif asal Kabupaten Situbondo Daerah Pemilihan III Jatim. (Heru/Bernas)

Editor  : Tim Redaksi

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button