Opini

Pilkada Bone Bolango dan “Ambisi Politik” Sang Mantan Narapidana

BeritaNasional.ID – Ismet Mile, mantan Bupati Bone Bolango periode 2005 – 2010 masih membuktikan “keperkasaannya” di Pilkada Bone Bolango. Meski telah mengalami tiga kali kekalahan pada kontestasi lima tahunan itu (2010, 2015, 2020), Si Gembala Sapi – demikian kebanyakan rakyat Bone Bolango memanggilnya – masih akan tetap ikut bertarung dalam perhelatan Pilkada Bone Bolango tahun 2024.

Jika pada dua kali Pilkada sebelumnya (2010 dan 2015) Ismet Mile maju melalui jalur partai politik, maka seperti pada Pilkada 2020, kali ini Bupati yang dikenal dengan sebutan “Te Tuwangampong” ini kembali maju melalui jalur perseorangan.

Berpasangan dengan Risman Tolingguhu, pasangan yang memiliki akronim Ber-IMAN (Bersama Ismet Risman) ini telah menyerahkan syarat dukungan calon perseorangan ke KPU Kabupaten Bone Bolango pada Minggu (12/5/2024) pukul 23.58. Satu menit sebelum batas akhir penyerahan syarat dukungan calon perseorangan.

Luar biasa dan petarung, mungkin kalimat ini bisa mewakili ungkapan atas semangat yang ditunjukkan oleh Ismet Mile, yang meskipun bisa dibilang telah berusia sepuh (75 tahun), namun tidak menyurutkan “ambisi politik” Sang Mantan Narapidana” ini untuk mewujudkan mimpinya menciptakan kesejahteraan rakyat di Kabupaten Bone Bolango.

Apakah ini memang benar sebuah “ambisi politik” Ismet Mile untuk mewujudkan mimpi besarnya, yang belum terwujud saat menjadi Bupati Bone Bolango 2005 – 2010 ? Ataukah justru hanya sebuah sarana untuk kembali “menguasai” tampuk kepemimpinan di Kabupaten Bone Bolango demi sebuah obsesi politik semata ?

Mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘ambisi’ diartikan sebagai “keinginan (hasrat, nafsu) yang besar untuk menjadi (memperoleh, mencapai) sesuatu (seperti pangkat, kedudukan) atau melakukan sesuatu”.

Jika melihat berbagai program kerakyatan (pemekaran wilayah, bantuan sapi, bantuan raskin dan program lainnya) yang telah digagas dan dilaksanakan oleh pemerintahan Ismet Mile saat itu, maka bisa saja, “ambisi politik” Ismet Mile untuk kembali bertarung di Pilkada Bone Bolango tahun ini bisa dikatakan sebagai sebuah keinginan yang besar untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat di Kabupaten Bone Bolango sebagaimana yang menjadi cita – cita luhurnya dan bukan demi sebuah obsesi politik semata.

Semoga !

(Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button