DaerahJawa TimurSitubondo

Pengamanan WWF, Satpolairud Polres Situbondo Gencar Patroli Jalur Laut

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Kendati Polres Situbondo tidak terlibat secara langsung dalam Operasi Puri Agung 2024 pengamanan kegiatan World Water Forum (WWF) ke-10 yang berlangsung dari tanggal 18 hingga 25 Mei 2024 di Nusa Dua, Denpasar, Provinsi Bali. Namun, Satpolairud Polres Situbondo memperketat pengawasan perairan yang berada di wilayah Kabupaten Situbondo, Minggu (19/05/2024).

“Sebagai Polres penyangga, maka kita turut mendukung terciptanya kamtibmas yang kondusif dengan melaksanakan imbangan pengamanan dengan aktif melaksanakan patroli KRYD khususnya diwilayah perairan dan pelabuhan wilayah Kabupaten Situbondo,” jelas Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rahkmanto, SIK, SH, MH melalui Kasatpolairud Polres Situbondo AKP Gede Sukarmadiyasa, S.H, M.H.

Lebih lanjut, Kasatpolairud Polres Situbondo AKP Gede Sukarmadiyasa mengatakan, pengawasan dan patroli perairan diwilayah pelabuhan penyeberangan termasuk pelabuhan rakyat dikarenakan Kabupaten Situbondo memiliki tepi pantai yang panjangnya sekitar 150 Kilometer.

“Untuk melakukan patroli Satpolairud berkoordinasi dengan TNI AL dan sejumlah stakeholder di Pelabuhan ASDP serta KSOP Panarukan Situbondo untuk melakukan pemeriksaan dan pengamanan di Pelabuhan Jangkar dan Pelabuhan Kalbut sebagai jalur penyeberang orang dan barang,” kata AKP Gede.

Petugas gabungan, sambung Kasatpolairud Polres Situbondo, melakukan pemeriksaan kapal dari Pulau Sapudi dan Kangean Madura yang bersandar di Pelabuhan Kalbut dan Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo membongkar muatan.

“Biasanya terdapat beberapa barang milik orang kepulauan di Madura yang bekerja di Bali menitipkan barangnya melalui kapal dan di bongkar di pelabuhan, kemudian baru dikirim via ekspedisi ke Bali,” tutur AKP Gede Sukarmadiyasa.

Pengawasan atau patroli juga difokuskan terhadap calon penumpang kapal yang akan berlayar menuju Lembar NTB dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo. “Satu per satu calon penumpang yang menggunakan kendaraan roda dua, roda empat, kendaraan truk maupun pejalan kaki tidak luput dari pemeriksaan petugas,” kata AKP Gede Sukarmadiyasa.

Walapun, tidak ada jalur penyeberangan langsung menuju ke Bali, lanjut AKP Gede Sukarmadiyasa, namun tetap perlu diwaspadai dengan melakukan pemeriksaan orang maupun barang. “Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kelompok teroris, benda dan atau barang berbahaya diselundupkan melalui pelabuhan,” terang AKP Gede Sukarmadiyasa.

Selain melakukan pengwasan di area pelabuhan, kata AKP Gede Sukarmadiyasa, Satpolairud Polres Situbondo juga aktif melaksanakan patroli perairan untuk mengantisipasi masuknya barang berbahaya yang berpotensi mengganggu Event Internasional yang sedang berlangsung di Bali.

“Kapal KLM yang sedang berlayar dilakukan pemeriksaan, dan dilakukan pengecekan ABK maupun barang bawaan. Hal ini untuk pencegahan aksi radikal dan terorisme selama perhelatan WWF 2024 Bali,” pungkas AKP Gede Sukarmadiyasa. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button