DaerahJawa TimurKulinerPertumbuhanSitubondo

Bangkitkan Perekonomian Pelaku UMKM Situbondo Diskoprindag Gelar Festival Ramadhon

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Festival Ramadhan yang dilaksanakan setiap tahun pada Bulan Ramadhon oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoprindag) Kabupaten Situbondo ini, merupakan kegiatan para pelaku UMKM yang menjual makan dan minuman khas Situbondo untuk berbuka puasa, Senin (11/03/2024).

Kegiatan festival ramadhon yang berlangsung dari tanggal 11 Maret hingga 8 April 2024 pada bulan puasa yang dilaksanakan di Jalan Irian Jaya, tepatnya samping Pasar Mimbaan Baru, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo ini, akan melayani masyarakat untuk mencari hidangan berbuka puasa.

Dalam festival ramadhon ini, para UMKM menjual beberapa menu makanan dan minuman tradisional khas Situbondo serta makanan dan minuman kekinian yang disajikan dengan berbagai kemasan. Dengan dilaksanakan festival ramadhon ini diharapkan tumbuh perputaran ekonomi bagi pelaku UMKM.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Situbondo, Edi Wiyono dalam sambutannya mengatakan bahwa, festival ramadhon ini dikuti 189 lapak UMKM. “Maksud dan tujuan dari festival ramadhan ini agar masyarakat mendapatkan makanan dan minuman khas Situbondo siap saji dengan harga terjangkau,” ujar Edi Wiyono.

Sedangkan, tujuan dari festival ramadhon ini, sambung Edi Wiyono, yakni untuk meningkatkan pendapatan pelaku UMKM Situbondo dan untuk menggairahkan perekonomian Kabupaten Situbondo pada umumnya. “Dalam festival ramadhon ini juga dilaksanakan pasar murah beras dan gula serta minyak goreng yang dilaksanakan 4 kali,” pungkas Edi Wiyono.

Sementara itu, Bupati Situbondo Drs H Karna Suswandi dihadapan sejumlah wartawan mengatakan, kegiatan festival ramadhon ini menyiapkan makanan dan minuman khas Situbondo siap saji untuk berbuka puasa ummat muslim Situbondo.“Makanan dan minuman siap saji ini, tentunya dikemas secara bersih dan sehat,” tuturnya.

Lebih lanjut, Bupati Situbondo mengatakan bahwa, kegiatan ini juga untuk mendorong pelaku UMKM Situbondo agar tumbuh lebih maksimal lagi. “Kita berharap kegiatan ini akan menjadi tempat perputaran uang yang semakin banyak. Semakin banyak uang yang berputar di Kabupaten Situbondo tentu akan menambah pertumbuhan ekonomi Situbondo,” ujarnya. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button