Kesehatan

BPJS Kesehatan Tetap Buka Layanan Program JKN Saat Libur Lebaran

BeritaNasional.ID, GORONTALO— Menjelang libur lebaran tahun 2024, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan siap mendukung layanan kesehatan para pemudik.

BPJS Kesehatan tetap akan beroperasi mulai tanggal 8 April hingga 15 April 2024. Hal ini merupakan komitmen BPJS Kesehatan untuk memudahkan peserta JKN dalam mengakses pelayanan kesehatan yang diperlukan saat libur lebaran.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo Djamal Adriyansah dalam konferensi pers, mengungkapkan bahwa seluruh kantor cabang tetap beroperasi mulai tanggal 8 April hingga 15 April 2024 mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WITA.

“Ada beberapa layanan yang sudah kami siapkan di antaranya di beberapa titik yang memang menjadi pusat macet seperti Bandara Soekarno-Hatta dan Makassar,” ungkap Djamal, Senin (25/3/2024).

BPJS Kesehatan juga, kata Djamal, membuka posko secara langsung untuk pelayanan fasilitas kesehatan yang di butuhkan oleh masyarakat saat mudik.

“Masyarakat juga dapat menggunakan fasilitas atau layanan yang sudah disiapkan oleh BPJS Kesehatan dalam hal ini menggunakan aplikasi Mobile JKN, selain itu di situ juga ada Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA) dapat melayani dari pukul 08.00 hingga 12.00 WITA yang mempermudah masyarakat dalam melakukan pelayanan kesehatan dan juga dapat mengetahui mengenai keaktifan atau non aktif peserta BPJS Kesehatan,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Anang S. Otoluwa mengatakan, dinas kesehatan memberikan dukungan pelayanan kesehatan terutama jalur yang ramai pada saat mudik nanti.

“Kewenangan kami adalah perbatasan Sulawesi Utara dan juga Sulawesi Tengah, lalu di kabupaten/kota juga akan menyelenggarakan posko-posko kesehatan dengan memaksimalkan PSC 119, selain itu mengantisipasi bila rujukan kami juga akan memperkuat rumah sakit rujukan yang sudah ditunjuk pelayanan mudik,” bebernya.

Anang juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kesehatan saat mudik nanti.

“Bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan makanan bergizi seimbang, kurangi makanan tinggi gula, perbanyak asupan air putih, istirahat cukup, dan usahakan tetap berolahraga ringan,” tutupnya.

(Tiansi/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button