Jawa TengahTegal

Dewan Kesenian Kota Tegal Periode 2024-2027 Resmi Dilantik, Akan Tampil di Ruang Publik Masyarakat

BeritaNasional.ID | TEGAL, JATENG – Setelah melewati proses pemilihan dalam musyawarah daerah, Pengurus Dewan Kesenian Kota Tegal (DKT) yang berjumlah 26 orang secara resmi dilantik oleh Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono.

Prosesi pelantikan Dewan Kesenian Kota Tegal berlangsung di Pendopo Ki Gede Sebayu, Komplek Balaikota Tegal, pada Senin (18/3/2024) malam.

Turut hadir beberapa pejabat diantaranya Ketua DPRD Kota Tegal, Sekda Kota Tegal, Kepala Dinas Pendidikan, para seniman, serta undangan dari Dewan Kesenian se Karesidenan Pekalongan.

Ketua Dewan Kesenian Kota Tegal, Suriali Andi Kustomo mengatakan, dibawah pimpinannya DKT akan keluar dari sarangnya dan tampil di ruang-ruang publik untuk memberikan nilai-nilai positif.

“Kami tidak hanya akan melakukan aktivitas di gedung-gedung tertutup maupun taman budaya, tetapi juga akan turun ke ruang-ruang publik, ke masyarakat bahkan sampai tingkat kelurahan,” ujar Suriali.

Karena menurut Suriali, dalam tiga tahun ke depan pihaknya akan mewujudkan Kota Tegal sebagai kota kesenian dengan beberapa syarat.

“Salah satunya yaitu bagaimana Dewan Kesenian Kota Tegal bisa keluar dari kutukan anggaran yang selama ini diberikan,” tegasnya.

Lebih lanjut Suriali menyebut, ruang publik yang telah disediakan di Kota Tegal akan dimanfaatkan untuk mengekspresikan kegiatan kesenian.

“Ada satu yang ingin kami sampaikan juga, bagaimana mendorong warga untuk banyak berkesenian. Tidak hanya melibatkan sekolah, tapi masyarakat luas,” jelas Suriali.

Hal itu karena kesenian menjadi katup pengaman berbagai masalah, setidaknya bisa mendegradasi kecemasan-kecemasan. Sehingga warga akan lebih tenang, menghormati sisi etik dan punya kesadaran estetika.

“Masyarakat yang berkesenian dan menikmati kesenian akan lebih beradab. Dan dewan kesenian salah satunya adalah membangun peradaban utuh,” kata Suriali.

Sementara Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para seniman yang tergabung sebagai pengurus Dewan Kesenian Kota Tegal yang sudah memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah.

“Dewan Kesenian Kota Tegal harus bangkit dan kami Pemerintah Kota Tegal akan mendukung penuh. Dalam akhir masa jabatan, terkait tadi dengan kutukan anggaran, saya berharap nanti anggaran dewan kesenian ditingkatkan,” ungkap Wali Kota.

Dedy Yon juga menyampaikan, bahwa komposisi pengurus Dewan Kesenian Kota Tegal Periode 2024-2027 mempunyai jiwa kesenian yang tinggi dan ‘kober waktu’.

“Paling tidak dari pemerintah maupun masyarakat memberikan penghargaan terhadap para seniman. Karena mereka telah menjaga masyarakat dari budaya-budaya negatif dari luar,” terang Dedy Yon.

Dalam acara pelantikan Dewan Kesenian Kota Tegal Periode 2024-2027, juga dimeriahkan oleh band pembuka, pertunjukan tari, pembacaan puisi serta pentas teater. (Ade W/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button