AdvedtorialBone Bolango

Dibayarkan Awal Maret 2024, TPP di Bone Bolango Dipastikan Tanpa Potongan

BeritaNasional.ID, BONE BOLANGO GORONTALO – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango telah memastikan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) di Kabupaten Bone Bolango akan dibayarkan tanpa potongan dan siap dicairkan pada awal bulan Maret tahun 2024.

Hal ini ditegaskan Sekretaris Daerah Bone Bolango, Ishak Ntoma saat diwawancarai awak media usai menghadiri rapat Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang dipimpin langsung oleh Bupati Merlan S. Uloli, Selasa (28/2/2024).

Ishak Ntoma membantah issu yang beredar di media sosial bahwa terjadi pemotongan TPP ASN di Bone Bolango. Ia menjelaskan rancangan awal yang dibahas adalah rasionalisasi TPP dengan menyesuaikan kondisi anggaran daerah yang tersedia.

“Jadi pemotongan itu bukanlah hal yang benar. Kita hanya merencanakan rasionalsisasi dengan beberapa opsi yang dibahas. Opsi pertama dibayarkan 100 persen namun dengan konsekuensi hanya sampai pada bulan September, sedangkan opsi kedua dengan rasionalisasi dengan rumus yang sudah kita buat,” jelas Ishak.

Ketua TAPD Bone Bolango itu menuturkan, kondisi keuangan daerah sekarang sebagian besar difokuskan pada hajatan Pilkada untuk dana hibah ke KPU dan Bawaslu. Ia juga menambahkan, daerah juga memiliki kewajiban untuk membayar cicilan pinjaman dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan beban lainnya seiring kenaikan gaji ASN sebesar 8 persen.

“Rasionalisasi TPP ini baru sekedar wacana dan kami melakukan kajian ulang, maka diakhir simulasi kita dapat dua opsi. Yang pertama membayar 100 persen dengan konsekuensinya 4 bulan tidak bisa dibayarkan TPP. Opsi kedua kita mencoba membayar sampai 10 bulan sampai bulan Oktober dengan anggaran yang kita butuh kurang lebih 11 miliar, maka dibuatlah skenario rasionalisasinya seperti info di media sosial yang beredar,” tutur Ishak Ntoma.

Namun Ishak Ntoma membeberkan, keputusan akhir yang diambil oleh Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli ialah pembayaran TPP ASN didaerah itu tidak akan ada rasionalisasi maupun penyesuaian sampai pada bulan September 2024.

“Dengan catatan untuk bisa membayar TPP bulan September sampai dengan Desember 2024, maka Tim Pemerintah Daerah harus lebih memacu dan menggenjot upaya-upaya mendapatkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang hingga sekarang belum dimaksimalkan,” beber Ishak.

Dirinya pun menambahkan pembayaran TPP ini tidak ada kaitannya dengan pembiayaan Pilkada Bupati Merlan S. Uloli seperti yang beredar di media sosial. Ia juga mengatakan pembayaran TPP ASN Bone Bolango untuk bulan Januari tahun 2024 akan dibayarkan pada awal Maret 2024 nanti. Sementara untuk pembayaran TPP bulan November dan Desember 2023 yang sempat tertunda sudah dicairkan pada bulan Januari dan Februari 2024.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button