DPRD Prov SulbarPolewali MandarSulbar

DPRD Sayangkan Pemkab Polman Hapus Anggaran Perbaikan Jalan

BeritaNasional.ID.POLMAN —Sejumlah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Polman menyayangkan sikap pemerintah Kabupaten Polewali Mandar yang menghapus anggaran perbaikan Jalan Andi Masdar Pasmar yang ada di Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, dari perencanaan perbaikan jalan tahun 2022.

Mereka menyampaikan ungkapan kekecewaannya itu saat Rapat Paripurna penyampaian rekomendasi DPRD terhadap LKPJ kepala Daerah tahun anggaran 2022 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Polman, Selasa (30/5/2023).

Para anggota Dewan dari Dapil 5 ini menganggap Jalan yang merupakan akses menuju Puskesmas Matakali ini sudah lama rusak dan kondisinya memprihatinkan, sehingga di masukkan dalam perencanaan prioritas perbaikan jalan pada tahun 2022 lalu namun sayangnya di hapus dari perencanaan,

“Itu jalan kita sudah sepakat kemarin dalam perencanaan,konsisten kita utamakan jalan itu karena prioritas meskipun ada PMK 212 yang memfokuskan persoalan pada sektor Pendidikan dan Kesehatan. tapi OPD ini mengatur sendiri tampa melihat apa yang telah kita sepakati bahwa ada yang di prioritaskan dan dipertahankan meskipun aturan baru muncul,” kata Rusnaedi Luwu dalam rapat paripurna

Legislator dari Partai Demokrat, sekaligus Ketua Komisi IV DPRD Polman ini menyebut kondisi jalan rusak tersebut hanya sedikit sekitar tiga kilometer namun dikeluarkan dari perencanaan APBD.

“Keseluruhan anggaran APBD itu khususnya di Dinas PU disuruh memangkas anggarannya untuk dipindahkan ketempat lain, misalnya di Pendidikan dan Kesehatan, tapi mereka tidak melihat yang mana harus di prioritaskan,” ungkap Rusnaedi.

Hal serupa juga disampaikan oleh, wakil ketua DPRD Polman, Amiruddin,ia mengatakan, jalan menuju puskesmas ini menjadi prioritas oleh karena itu dimohon pihak balai dan PU segera carikan solusi agar segera di kerjakan.

“Jangan sampai jadi problem di kecamatan Matakali, karena sudah padi dan empangnya warga yang terendam banjir akibat sungai meluap, ditambah lagi dengan akses jalan menuju Puskesmas juga terganggu, kasian masyarakat kita,” jelasnya.

Menurutnya, seharusnya pembangunan Puskesmas yang ada di Matakali harus berbanding lurus dengan jalan transportasinya, jangan Puskesmas Matakali di Pindahkan ke belakang kalau Pemerintah tidak siap membangun jalannya, masyarakat di tiga desa ini harus menderita melewati jalan rusak untuk pergi kepuskesmas,” tukas Amir

Menanggapi hal itu Wakil Bupati Polman, HM. Natsir Rahmat, mengatakan, ia tidak mengetahui terkait adanya penghapusan pada Perencanaan pengerjaan jalan yang ada di Kecamatan Matakali.

“Saya tidak tau masalah teknisnya, itu dinas PU yang tau, nanti salah menjawab. Coba tanya ke PU apakah ada petunjuk atau bagai mana,” ungkap Wakil Bupati Polman (

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button