DaerahJawa TimurSitubondoWisata

Jaga Keamanan Wisatawan Berenang Di Laut, Satpolairut Polres Situbondo Siapkan Kapal Patroli

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang liburan hari Raya Idulfitri 2024 di tempat wisata Bahari Pasir Putih Kecamtan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Satpolairud Polres Situbondo penyiapkan kapal patroli, Jumat (12/04/2024).

Bukan hanya di wisata Bahari Pasir Putih saja, Satpolairud Polres Situbondo menugaskan anggotanya. Akan tetapi, di setiap wisata bahari yang ada di Kabupaten Situbondo ada petugas Satpolairud yang berjaga-jaga mengawasi para wisatawan yang bermain di tepi pantai.

“Kita juga memberikan bimbingan kepada masyarakat yang sedang berwisata di tepi pantai agar selalu waspada menjaga-anak-anaknya yang sedang bermain atau berenang di tepi pantai. Kita juga meminta kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Situbondo untuk menyediakan regu penyelamat atau penjaga pantai agar tidak terjadi kecelakaan di laut atau tenggelam,” kata Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, SH, SIK, MH melalui Kasatpolairud Polres Situbondo AKP Gede Sukarmadiyasa, SH, MH.

Lebih lanjut, AKP Gede Sukarmadiyasa mengatakan, disamping itu pihaknya juga memberikan pembinaan kepada pengusaha persewaan kano, ban dan nahkoda perahu layar yang membawa wisatawan ke tengah laut untuk melihat trumbu karang agar selalu waspada dengan cuaca dan pasang surutnya air laut serta wajib menyediakan life jaket atau sarana plampung lainnya seperti ringbouy atau ban karet guna perlindungan wisatawan apabila ada kendala saat bermain dipantai.

“Untuk antisipasi pengamanan wisatawan di wisata Bahari Pasir Putih, Satpolairud Polres Situbondo juga mensiagakan kapal Polisi X-1052 serta ABK yang dibawa dari Pelabuhan Kalbut, guna mewujudkan zero accident diperairan Situbondo khususnya tempat wisata pantai,” ujar AKP Gede Sukarmadiyasa.

Satu unit Kapal Polisi dan ABK yang dipersiapkan di Wisata Bahari Pasir Putih, kata AKP Gede Sukarmadiyasa, digunakan untuk patroli saat pengunjung ramai berenang dan juga bermain kano. “Petugas kepolisian juga patroli dipantai dengan menggunakan snorkeling guna mengawasi wisatawan yang berada di pantai dikawatirkan ada yang mendapatkan kendala saat di tengah pantai dan juga memberitahu agar tidak berenang terlalu ketengah,” tuturnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Kasatpolairud Polres Situbondo, numun dia juga telah berkoordinasi dengan Viskanto selaku Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten untuk memberi tanda batas berenang atau batas bermain kano di tempat wisata Bahari Pasir Putih Situbondo guna mencegah terjadinya kecelakaan laut. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button