DaerahJawa TimurSitubondo

Napi Perempuan Rutan Situbondo, Melahirkan Melalui Operasi Caesar Di RSAR Situbondo

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM,- Seorang warga binaan pemasyarakatan rumah tahanan Situbondo melakukan pemeriksaan kehamilan sekaligus melahirkan di Rumah Sakit Abdoer Rahem (RSAR) Situbondo melalui operasi seksio caesar, Selasa (28/11/2023).

Adapun hasil dari pemeriksaan di poli Kandungan RSAR Situbondo tersebut keadaan bayi sehat, dan perlu adanya tindakan operasi seksio caesar. “Petugas pengawalan melaporkan hasil pemeriksaan kepada Kasubsi Pelayanan Tahanan dan KaKPR untuk proses rawat inap guna melaksanakan operasi seksio caesar pada warga binaan tersebut,” terang Rudi Kristiawan Kepala Rumah Tahanan Kelas IIB Situbondo.

Pada saat proses persalinan, kata Rudi, para petugas Rutan Situbondo ikut serta menjaga keamanan lingkungan sekitar. “Alhamdulillah pada proses persalinan operasi seksio caesar tersebut berjalan aman dan lancar. Bayi yang dilahirkan dan ibunya dalam keadaan sehat wal’afiat,” ujar Rudi.

Perlu di ketahui, sambung Karutan Situbondo, WBP perempuan berinisial NR yang menjalani operasi caesaria ini adalah WBP dengan kasus Pilkoplo yang di tangkap bersama suaminya. WBP perempuan berinisial NR ini, ketika masuk ke dalam Rutan Situbondo dalam kondisi hamil.

“NR melahirkan bayi berjenis kelamin laki-laki. Ini adalah anak pertama yang lahir NR. Bayi berkelamin laki-laki dengan berbobot 3,7 kg ini belum diberi nama. Sejak masuk ke Rutan Situbondo NR memang sudah dalam keadaan hamil, kami selalu memperhatikan keadaan NR dan kandungannya, kami berikan gizi untuk ibu hamil,” tutur Rudi.

Selama menjalani masa pidana, kata Rudi, Tim Medis Rutan Situbondo rutin memeriksakan kandungannya NR. Bahkan, pihak rutan juga memberikan fasilitas pemeriksaan USG di RSAR Situbondo. “Hal ini dilakukan wujud nyata pelayanan prima Rutan Situbondo yang berikan kepada warga binaan,” ujar Rudi.

Proses kelahiran WBP Rutan Situbondo ini, lanjut Rudi, telah dilaporkan kepada KaKanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Heni Yuwono. “Kita mendapat apresiasi dari KaKanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, atas kinerja cepat Rutan Situbondo dalam memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada warga binaan,” pungkasnya. (Heru/As’ad/BeritaNasional.ID)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button