Sosial

Sepanjang Tahun 2023, BPJS Ketenagakerjaan Gorontalo Bayarkan Klaim Lebih dari Rp149 Miliar

BeritaNasional.ID, GORONTALO — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Gorontalo telah membayarkan total klaim sebesar Rp149.461.991.275 sepanjang tahun 2023 untuk 5 program.

Adapun jumlah klaim terbanyak yang dibayarkan yakni dari Program Jaminan Hari Tua (JHT) yaitu sebesar Rp97.395.789.345, menyusul klaim Jaminan Kematian (JKM) sebesar Rp46.851.000.000, klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebesar Rp3.143.562.670.

Kemudian klaim Jaminan Pensiun (JP) sebesar Rp1.891.161.000 dan yang terakhir klaim Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) sebesar Rp180.477.460.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Gorontalo Widhi Astri Aprillia Nia mengatakan, klaim manfaat program JHT sepanjang tahun 2023 masih tertinggi dibandingkan klaim manfaat program lainnya, baik jumlah kasus maupun nominalnya.

“Kendati demikian, sebanyak dan sebesar apapun klaim yang diajukan peserta, BPJS Ketenagakerjaan tetap berkomitmen memberikan pelayanan terbaik, maupun ahli waris karena itu merupakan hak mereka yang telah memenuhi kewajiban dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” kata Widhi.

Lanjut dia, menjawab tingginya klaim dari peserta, JMO atau Jamsostek Mobile hadir menjadi salah satu solusi. JMO merupakan aplikasi seluler dengan fitur lebih lengkap dari aplikasi sebelumnya, dimana peserta dapat mengakses informasi saldo tenaga kerja, program, serta beragam fitur lain seperti co-marketing, jaringan mitra layanan dan kantor cabang, hingga pelaporan kecelakaan kerja.

Widhi mengimbau kepada seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan yang ingin melakukan klaim untuk menghindari jasa bantu atau calo karena dapat merugikan diri sendiri.

“Tidak ada biaya apapun bagi peserta yang ingin mengajukan klaim, oleh karena itu kami menghimbau para peserta menghindari calo atau oknum yang tidak bertanggungjawab dan jangan ragu melaporkan kepada BPJS Ketenagakerjaan jika menemukan percaloan yang mengatasnamakan BPJS Ketenagakerjaan,” tandasnya.

(Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button