Sulawesi

ABM : Mari Mempersiapkan Generasi Emas Sejak Dini :

Mamuju Sulbar — Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar resmi membuka Seminar Pengasuhan Tumbuh Kembang Anak dalam rangka HUT Ke-19 Dharma Wanita Persatuan Provinsi Sulbar, berlangsung di Balroom d’Maleo Hotel & Convention, Senin (26/11), atas kerjasama Kantor Perwakilan BKKBN Sulbar dan Dharma Wanita Persatuan Sulbar, dengan mengangkat tema ” Mempersiapkan Generasi Emas melalui 1000 HPK .” Djunaidi M. Dachlan dan Kepala BKKBN Sulbar merupakan nara sumber dalam acara seminar tersebut dengan jumlah peserta seminar 400 orang yang berasal dari berbagai unsur.

 

Ali Baal Masdar dalam sambutannya mengajak semua pihak, khususnya kepada para orang tua, untuk mempersiapkan generasi Emas di Sulbar yang Maju dan Malaqbi , demi mencapai tumbuh kembang anak yang optimal, dalam mempersiapkan generasi emas tersebut, Ali Baal menekankan, perlu peningkatan kualitas hidup anak-anak dengan pemenuhan gizinya yang cukup dan seimbang, akses kesehatannya maupun pendidikan, dengan mengutamakan kehangatan dalam keluarga , selain itu, juga perlu peran orang dewasa yang mampu memberikan kasih sayang, perhatian, keamanan dan perlindungan, serta memahami dan mampu merespon apa yang mereka butuhkan. “Mari persiapkan generasi emas sejak dini, dengan memberikan perlindungan pada anak-anak, agar mereka tumbuh berkembang dengan baik, tanpa kekerasan fisik maupun verbal,” tetang Ali Baal.

 

Sementara Kepala BKKBN Sulbar, Andi Ritamariani mengatakan, tujuan pelaksanaan seminar untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang pengasuhan 1000 hari pertama kehidupan, yang bekaitan dengan penurunan angka stunting, melalui pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang balita dan anak , Rita mengatakan berdasarkan hasil penelitian bahwa pondasi utama kehidupan manusia di masa depan dapat dipengaruhi oleh pengasuhan pertama pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

“1000 HPK di mulai dari sejak awal terjadinya konsepsi atau 270 hari masa kehamilan, serta 730 hari setelah lahir, hinga anak berusia dua tahun”terang Rita. Lanjut Rita mengatakan , kehidupan 1000 HPK seorang anak sangat penting, dikarenakan masa tersebut, terjadi pertumbuhan dan perkembangan 90 persen sel-sel otak anak. Selain itu, juga merupakan masa pembangunan kekebalan tubuh dan penentu status gizi anak.( Mhy/yuni).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button