Daerah

Asah Kemampuan Bermusik Pelajar, Banyuwangi Gelar Student Jazz Festival

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Selama dua hari, Banyuwangi dimeriahkan even musik Student Jazz Festival, Jumat-Sabtu (25-26 Agustus 2017). Ajang unjuk bakat bermusik jazz pelajar ini merupakan even tahunan yang juga diikuti pelajar asal Surabaya, Malang, Jember dan bahkan dari Bali juga meramaikannya.

“Panggung ini diperuntukkan bagi pelajar daerah untuk mengasah kemampuan mereka dalam bermusik khususnya pada genre jazz. Lewat even ini diharapkan muncul bibit-bibit musisi Jazz Banyuwangi yang kelak bisa berkiprah di dunia musik nasional ,” ujar Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas dalam sambutan pembukaan, Sabtu (25/8/17).

Banyuwangi Student Jazz Festival (BSJF) 2017 ini digelar didepan Gesibu Blambangan dan diikuti 35 band pelajar yang telah menjalani proses audisi sebelumnya.

“Potensi bermusik dilingkungan pelajar sangat besar. Karena itu mereka perlu diberi wadah untuk menyalurkan bakat yang dimiliki. Musik jazz merupakan musik dengan image yang baik. Harapan kami bisa menginfluence energi positive bagi pelajar dan menjauhkan mereka dari tindak negatif,” urai Anas.

Student Jazz 2017 yang masuk agenda Banyuwangi Festival ini merupakan tahun kedua pelaksanaan. Gelaran tahun lalu, kompetisi ini mendapat animo yang tinggi, juga diikuti puluhan band jazz pelajar.

“Pemenang tahun lalu kini eksis di jalur musik. Mereka banyak mendapat kesempatan tampil di even-even Banyuwangi,” jelas Anas.

Pada even ini, selama dua hari para pelajar akan berkompetisi menampilkan performance terbaik mereka dalam bermusik jazz. Mereka akan membawakan musik jazz yang easy listening yang menjadi salah satu syarat kompetisi ini. Selain itu semua peserta juga wajib membawakan lagu Banyuwangi yang diaransemen dengan musik Jazz.

“Kami mewajibkan lagu Banyuwangi dibawakan oleh semua peserta agar lagu khas lokal tidak tergerus dengan lagu-lagu popular dan semakin dikenal di luar daerah,” lontar Anas.

Pada kompetisi ini akan dipilih 5 grup band terbaik. Para pemenang tersebut akan mendapat kesempatan tampil bersama musisi jazz nasional di event Banyuwangi Beach Jazz Festival yang bakal berlangsung pada 2 September mendatang.

“Pemenangnya akan mendapat pengalaman yang berharga bisa tampil sepanggung dengan musisi jazz kawakan. Rencananya Banyuwangi Beach Jazz akan menampilkan Syaharani and Queenfireworks. Dan yang pasti, bakal jadi pengalaman yang seru,” tutup Anas. (mh.said)

Caption : Banyuwangi Student Jazz Festival (BSJF) 2017 yang digelar didepan Gesibu Blambangan Banyuwangi

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button