Nasional

Banyuwangi Ijen Green Run Diikuti Pelari Mancanegara

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Perhelatan Banyuwangi Ijen Green Run yang digeber Minggu pagi, (23/7/17) benar-benar meriah sekali. Para pecinta olahraga lari alam bebas alias trail run tampak antusias mengikuti event yang sudah dua kali ini dilaksanakan oleh Pemkab Banyuwangi.

Kurang lebih 500 pelari, baik dari dalam maupun luar negeri, mengikuti lomba lari yang menyajikan pemandangan indah lereng Gunung Ijen ini. Sejumlah runner yang pernah mengikuti London Marathon dan Singapore Marathon juga ikut berlaga di sini.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas sendiri tampak turun mengikuti event lomba lari dengan jarak 5 KM.

Banyuwangi Ijen Green Run 2017 benar-benar memadukan antara olahraga dalam balutan event wisata atau yang biasa disebut sport tourism sebagai sarana efektif mendatangkan wisatawan, terutama komunitas-komunitas tertentu.

“Kita gencarkan pemasaran wisata berbasis komunitas. Tail run ini komunitas yang mulai banyak hadir di kota-kota besar di Indonesia. Jadi ini keuntungannya ada dua. Pertama, peserta sekaligus wisatawannya datang, dan otomatis menginap serta belanja di Banyuwangi. Kedua, ini sekaligus destinasi wisatanya ikut terangkat promosinya, dalam hal ini Kawah Ijen,” ujar Anas.

Data yang didapat media ini dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi, peserta Banyuwangi Ijen Green Run 2017 diantaranya berasal dari Denmark, Belanda, Jerman, dan Kenya.

Dari negara Kenya, terlihat Samson Karega Kamau yang sering juara trail run di berbagai negara. Juga ada nama besar di olahraga lari nasional seperti Siti Muawanah dan Ester Summah yang juga peraih emas SEA Games.

Dari daerah lain di Indonesia, tercatat peserta datang dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Denpasar, Sragen, Padang, Bandung, Magelang, Blora, Salatiga, dan Semarang. Selain itu, ada dari Jambi, Surakarta, Tasikmalaya, Lumajang, Situbondo, Bondowoso, Pasuruan, Bojonegoro, Kediri, Malang, dan Probolinggo.

Menurut Kadispora Wawan Yahmadi, ada juga kelompok peminat lari dari TNI dan Polri.

“Di data pendaftaran kami, ada dari teman-teman Batalyon Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) dan Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad), serta Polda Jatim,” ujar Wawan.

Banyuwangi Ijen Green Run adalah ajang sport tourism yang mengajak para pesertanya menelusuri dataran dan lereng Gunung Ijen yang dikenal punya fenomena alam “api biru” yang cuma ada dua di dunia. Spot cantik di sepanjang rute mulai dari rimbun perkebunan kopi, cengkeh, dan pinus, hutan, sungai, persawahan, hingga suasana khas perdesaan. (Hakim Said)

Caption : Salah satu pelari wanita asal Perancis saat memasuki finish di Reast Area Jambu Licin Banyuwangi

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button