AdvedtorialDaerahPemkab SidrapSidrap

Bupati Sidrap Hadiri Acara Mappadendang di Kecamatan Watang Sidenreng

BeritaNasional. ID, Sidrap – Bupati Sidrap H Dollah Mando menghadiri acara Mappadendang di Kelurahan Sidenreng, Kecamatan Watang Sidenreng, Minggu 15 September 2019.

Turut hadir Camat Watang Sidenreng Hidyatullah, Danramil Watang Sidenreng Sahabuddin, Kapolsek Maritengngae Ipda Abd Samad, Ketua Kerukunan Keluarga Wt.Sidenreng Palu Hamsa, Ketua Kerukunan Keluarga Wt.Sidenreng Pare-Pare Muh Husni Syam, tokoh masyarakat H. Landadi, Kabid PSDI A. Surya Praja Hadiningrat dan para tamu undangan yang hadir lainnya

Acara pesta mappadendang atau pesta panen raya ini degelar oleh Kerukunan Keluarga Watang Sidenreng bersama Kerukunan Keluarga Kota Palu – Sulteng

Mengawali acara tersebut, Bupati Sidrap bersama undangan lainnya menyaksikan warga menumbuk pada lesung dengan tongkat besar sebagai penumbuknya.

Acara Mappadendang atau yang lebih dikenal dengan sebutan pesta tani pada suku bugis merupakan suatu pesta yang diadakan oleh masyarakat sebagai bentuk rasa syukur terhadap Allah SWT atas keberhasilannya menanam Padi.

Bupati Sidrap Dollah Mando dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara mappadendang patut dilestarikan karena sudah menjadi tradisi turun temurun yang ada sejak dulu dan merupakan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat kepada Allah SWT.

Beliau juga berharap kegiatan seperti ini dijadikan wadah untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan semangat gotong royong antar sesama masyarakat dan dapat terlaksana tiap tahunnya.

“Insya Allah kedepan kita akan bangun baruga disini, melihat antusiasnya masyarakat Watang Sidenreng yang datang, terkhusus warga Sidrap dari palu dan Pare-Pare yang sudah jauh datang menghadiri acara ini,” ungkap Dollah Mando.

Dalam Acara Mappadendang atau pesta panen ini, beragam acara aktifitas yang di lakukan seperti Mattojang dan Tari-tarian.

(Risal Bakri)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button