Daerah

Bursa Inovasi Desa di Deli Serdang

Bursa Inovasi Desa Kabupaten Deliserdang, secara resmi dibuka oleh Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan Selasa (30/10) di Gedung Balairung kota Lubuk Pakam ditandai dengan pemukulan Gong.

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Deli Serdang ini dihadiri seluruh Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua LKMD, Tim Pengelola Inovasi Desa, Tenaga Ahli, Pendamping Desa se Kabupaten Deli Serdang.

Juga dihadiri Staf Khusus Kementerian Desa Dita Indah Sari, Kepala Dinas PMD Sumut Aspan Sofian, Ketua TP PKK Ny Hj Yunita Ashari, Unsur FKPD Deliserdang, para Asisten, Pimpinan OPD dan Camat se Deli Serdang.

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan pada kesempatan itu menyampaikan bahwa desa memiliki faktor kekuatan yang positif, karena memiliki sumber daya alam yang dapat dikelola melalui pemanfaatan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang tersedia serta dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat.

Kesemuanya ini, tentunya hanya dapat diwujudkan melalui perencanaan yang baik, program yang terorganisir berkesinambungan dan akuntabel.

Bupati juga menyampaikan bahwa kehadiran Bursa Inovasi Desa ini sebagai wadah atau forum penyebaran dan pertukaran informasi agar merangsang munculnya inisiatif yang akan melahirkan berbagai Inovasi di desa.

“Kehadiran Bursa Inovasi Desa sebagai wadah atau forum penyebaran dan pertukaran informasi, dirasakan selama ini mampu merangsang munculnya inisiatif yang melahirkan berbagai inovasi, yang selanjutnya dituangkan dalam praktek penyelenggaraan pembangunan dan pemerintahan di desa”, ujar Bupati Ashari Tambunan.

“Untuk itu, guna mempercepat proses pemahaman dan pelaksanaan pembangunan di desa, maka diperlukan langkah-langkah nyata, salah-satunya adalah dengan pola inovasi kegiatan, praktik-praktik cerdas atau pengetahuan dalam investasi dana di desa dan kegiatan-kegiatan lainnya melalui penyelenggaraan Bursa Inovasi Desa seperti yang kita laksanakan pada hari ini”, lanjutnya.

Staf Khusus Kementerian Desa Dita Indah Sari dalam sambutannya mengatakan bahwa prioritas dana desa 2018 adalah Pembangunan Ekonomi dan Sumber Daya Manusia sekaligus juga menyampaikan rasa bangganya kepada Desa-desa di Deli Serdang yang penyerapan anggarannya bagus.

“Prioritas Dana Desa 2018 adalah Pembangunan Ekonomi dan Sumber Daya Manusia, untuk pembangunan SDM diprioritaskan ke Ibu-ibu dan perempuan, dan Kabupaten Deliserdang ini ternyata penyerapan anggaran Desanya Top, tidak pernah ada warna kuning ataupun merah”, ujar Dita Indah Sari mengakhiri sambutannya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button