AdvedtorialPemkab SidrapSidrap

Dukung Penganggaran Responsif Gender, Pejabat Di Sidrap Diberi Pelatihan

BeritaNasional. ID,SIDRAP — Pemerintah Kabupaten Sidrap melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDPPA) mengadakan Pelatihan Penganggaran Responsif Gender (PPRG), Rabu 9 Oktober 2019 di Ruang Grateks Kantor Bupati Sidrap.

Kegiatan dibuka Plt Asisten III Pemkab Sidrap, Andi Faisal, didampingi Kepala DPMDPPA Andi Patahangi Nurdin. Hadir, Fasilitator Gender dan PPRG Provinsi Sulsel Husmirah Husain, dan Kabid Ekososbud Bapplibangda Sidrap, Nasrah Anita.

Pelatihan diikuti para Kasubag Perencanaan OPD dan Kasubag Perencanaan dan Keuangan Kecamatan se-Kabupaten Sidrap.

Tujuan pelatihan untuk memberi pemahaman kepada peserta pelatihan bahwa PPRG dapat menjamin keadilan dan kesetaraan gender bagi perempuan dan laki-laki dalam aspek askes, partisipasi, kontrol, dan dan manfaat dalam pembangunan.

Hal tersebut disampaikan Plt Asisten III Setda Sidrap Andi Faisal yang membacakan sambutan Bupati Sidrap di hadapan peserta.

A. Faisal juga mengatakan, perencanaan harus mempertimbangkan beberapa aspek yang dilakukan secara setara antara perempuan dan laki-laki.

“Ini berarti bahwa perencanaan dan penganggaran tersebut mempertimbangkan aspirasi, kebutuhan dan permasalahan pihak perempuan dan laki-laki, baik dalam proses penyusunan maupun dalam pelaksanaan kegiatan,” ungkap Faisal.

Ditambahkan Faisal, Pengarustamaan Gender (PUG) harus terefleksikan dalam proses penyususnan kebijakan yang menjadi acuan perencanaan dan penganggaran.

“Hal tersebut untuk menjamin program dan kegiatan yang dibuat seluruh lembaga pemerintahan baik pusat maupun daerah menjadi rensponsif gender,” kata Faisal.

Dikatakab Faisal bahwa perencanaan dan penganggaran yang responsif gender bukanlah suatu proses yang terpisah dari sistem yang sudah ada, dan bukan pula penyusunan rencana dan anggaran khusus untuk perempuan yang terpisah dari laki-laki.

Sementara Kadis PMDPPA Andi Patahangi Nurdin mengatakan, pelatihan PPRG akan menuntun jajaran di Lingkup Pemerintah Kabupaten Sidrap agar dalam menentukan kebijakannya melalui program dan kegiatan pembangunan.

“Kegiatan ini senantiasa berpedoman pada konsep gender guna mengurangi atau memperkecil terjadinya kesenjangan dan bias gender untuk mencapai tujuan dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan,” terang Patahangi Nurdin.

(Risal Bakri).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button