Daerah

Gubernur Sulbar Resmikan Nama Kabupaten Pasangkayu

Berita Nasional.ID. PASANGKAYU – Setelah melalui perjuangan panjang dalam pengurusan administrasi di Pemerintah Pusat, kini nama Kabupaten Mamuju Utara resmi menjadi Kabupaten Pasangkayu dan diresmikan langsung oleh Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Ali Bal Masdar, di Bundaran Smart jantung kota Pasangkayu, Senin (05/03/18).

Peresmian tersebut disaksikan sejumlah pejabat yakni, Ketua DPRD,Lukman Said, Sesepuh KAPKP sekaligus Wakil Ketua DPRD, Yaumil ADJ, unsur Muspida dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), baik dari Provinsi maupun Kabupaten serta masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Pasangkayu, Agus Ambo Djiwa mengatakan bahwa pergantian nama kabupaten ini adalah mengembalikan tujuan awal perjuangan Komite Aksi Pembentukan Kabupaten Pasangkayu (KAPKP), yang berjuang kurang lebih dua (2) thn tujuh (7) bulan, delapan (8) hari.

“Pergantian nama Kabupaten ini bukan untuk melepaskan diri dari Mamuju sebagai induknya, karena secara geografis kita tetap berada di wilayah Mamuju, namun secara administrasi kita berpisah dan ini memang sudah gagasan awal perjuangan dari KAPKP”, ujarnya.

Selain itu, Bupati juga menjelaskan bahwa persoalan nama sangat menentukan jadi diri dan identitas sebuah daerah serta masyarakatnya, tidak boleh samar dan harus jelas. Hal ini juga memudahkan kita dalam kepengurusan di Pusat, agar tidak tumpang tindih dengan kabupaten lain yakni Mamuju dan Mamuju tengah (Mateng)”, jelasnya.

“Olehnya itu, dibutuhkan sosialisasi dan komitmen bersama dalam membangun daerah ini, demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera”, tutur Bupati.

Lebih jauh Agus ADJ menegaskan, bahwa daerah ini adalah milik kita semua, tidak ada lagi istilah pendatang atau mengklaim bahwa dirinya adalah “Putra Daerah” karena semuanya penduduk pasangkayu, yang memiliki hak dan kewajiban yang sama.

“Daerah ini dibentuk bukan untuk kelompok tertentu, tetapi untuk semua masyarakat pasangkayu dan semua harus berfikir serta memiliki tanggungjawab yang sama untuk kemajuan daerah ini.”, tegas Agus ADJ.

Selain itu, Bupati juga mengajak seluruh elemen masyarakat, agar tidak terlena dengan sejarah, saatnya menyongsong era pembangunan demi terwujudnya kesejahteraan bersama. Perjuangan KAPKP tetap akan tercatat dalam sejarah, namun tongkat estafet akan dilanjutkan oleh generasi cerdas, bijak dan berdedikasi tinggi dalam membangun daerah.(E syam ).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button