NasionalSulawesi

Hari Juang Kartika 2018, Danrem : Meski Jasad Terpotong Jiwa Dilindungi Merag Putih

POLMAN – Upacara Hari Juang Kartika 2018 di Lapangan Ahmad Kirang Mamuju. Sabtu (15/12/18) dengan mengangkat tema ” TNI AD Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat“ dihadiri oleh Wakapolda Sulabar. Kombes Pol DR. Endi Sutendi, SIK, SH, MH.

Selain itu, hadir Wakil Gubernur Sulbar. Hj. Ny. Enny Anggraeni, Bupati Mamuju H. Wahid Habsi, Raja Mamuju, Kapolres Mamuju, Wadansat Brimob dan tamu undangan lainnya.

Dalam amanat Jenderal Besar Soedirman yang dibacakan oleh Inspektur Upacara Danrem 142 tatag menyebutkan bahwa Robek-robeklah badanmu, potong-potonglah jasadku, tetapi jiwaku yang dilindungi benteng Merah Putih akan tetap hidup, tetap menuntut bela, siapapun lawan yang dihadapi.

Kata DanremTentara bukan merupakan suatu kalangan diluar masyarakat, bukan suatu kasta yang berdiri diatas masyarakat. Tentara hanya mempunyai kewajiban satu ialah mempertahankan kedaulatan negara dan menjaga keselamatannya, sudah cukup kalau tentara takut memegang kewajibannya itu.

Lagi pula sebagai tentara, disiplin harus dipegang teguh tunduk kepada pimpinan atasannya, dengan ikhlas mengerjakan kewajibannya tunduk kepada perintah pimpinannya. Inilah merupakan kekuatan dari suatu tentara.

“Kamu sekalian telah bersumpah bersama-sama rakyat seluruhnya, akan mempertahankan kedaulatan negara Republik kita dengan segenap harta benda dengan jiwa raga, jangan sekali-kali diantara tentara kita, ada yang menyalahi janji menjadi penghianat nusa, bangsa, dan agama.” Katanya.

Sementara itu, Wakapolda Sulbar dalam kesempatannya mengucapkan Selamat Hari juang kartika, semoga sinergitas dan harmonisasi Antara Korem 142 dengan jajaran Polda selama ini sudah berjalan sangat baik tetap dipertahankan dan ditingkatkan dalam pelaksanaan tugas tugas di lapangan demi mewujudkan Kamtibmas di Sulbar, Ucap Wakapolda.

Laporan  :  Sukriwandi

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button