Nasional

Irjenpol Arkian Sampaikan Kuliah Umum Tentang Pencegahan Paham Radikalisme Untuk Jaga NKRI

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Kunjungan Kakorbinmas Baharkam Polri, Irjenpol Drs H Arkian Lubis, SH, MSi ke Banyuwangi, dilanjutkan dengan mengisi kuliah umum di Universitas PGRI Banyuwangi (Uniba), Jumat (5/1/18) pukul 19.20 WIB. Tema kuliah umum Irjenpol Arkian, peran ulama, ormas dan media dalam menjaga keutuhan NKRI menyambut Pilkada dan Pilpres 2018 – 2019.

Dalam kuliah umumnya, Irjenpol Arkian memberikan paparan tentang fungsi binmas sebagai pencegah tindak kejahatan. Salah satunya pencegahan terhadap penyebaran paham radikalisme dan toleransi dalam menjaga kesatuan NKRI, karena kalau sebaliknya akan menumbuhkan terorisme.

“Kriteria radikal, mempunyai keyakinan atau ideologi tinggi. Menggunakan aksi-aksi kekerasan, mempunyai ikatan kelompok yang kuat dalam menjalankan aksi teror. Beberapa aksi teror di Indonesia berawal dari pemikiran radikal dan tidakmemahami Pancasila secara utuh,” ungkapnya.

Perwira dengan dua bintang di pundak itu memberikan contoh kelompok ISIS yang merupakan salah satu kelompok teroris. Kelompok ini sering menggunakan doktrin takfiri (mengkafirkan orang lain) pada orang yang dianggap tidak sesuai dengan paham kelompok tersebut. Target penyebaran ISIS adalah anak muda melalui media sosial, pertemuan kelompok-kelompok radikal, baiat lewat dunia maya, sehingga bergerak sendiri atau disebut lone wolf.

“Polri telah membuat satuan cyber crime yang dibentuk untuk mengatasi kejahatan dunia maya dengan sasaran hoax, penyebaran paham radikal oleh kelompok teroris, ujaran kebencian (hate speech), fitnah dan kejahatan lainnya lewat dunia maya,” katanya.

Masalah narkoba juga menjadi salah satu bahan kuliah umumnya. Irjenpol Arkian mengingatkan pada generasi muda untuk menjauhi narkoba. Dan upaya pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkoba bukan hanya tugas polri saja, namun memerlukan peran serta dari semua pihak.

Sementara Rektor Uniba, Drs H Teguh Sumarno, MM menyampaikan terimakasih atas kedatangan Irjenpol Arkian beserta rombongannya ke kampus Uniba.

“Kami sangat mengapresiasi dengan apa yang dicanangkan Polres Banyuwangi. Kami sangat berharap dengan pengalaman dan ilmu yang disampaikan oleh Jenderal, akan sangat berguna untuk adik-adik mahasiswa,” ujarnya. (Hakim Said/red)

Caption : Irjen Pol. Drs. H. Arkian Lubis saat menyampaikan kuliah umum di Uniba

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button