DaerahJawa TimurSitubondo

Komunitas Jong Situbondo Gelar Festival Pendidikan Webinar Secara Virtual

BeritaNasional.ID, SITUBONDO – Komunitas Mahasiswa yang tergabung dalam wadah Jong Situbondo melaksanakan festival pendidikan secara online, untuk menghindari kerumunan pada masa pandemi Covid- 19 yang berlangsung dari Nine Café, Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, Kamis (11/2/2021).

“Webinar dan Tri Out Online Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK) ini, kita laksanakan secara virtual. Hal ini kita laksanakan untuk menghindari kerumunan pada masa Pandemi COVID-19,” ujar Ketua Panitia Festival Pendidikan Devani Dwi Rachmarena Mahasiswi Design Produk ITS angkatan 2018.

Festival pendidikan yang sudah di mulai sejak tahun 2012 ini, sambung Devani Dwi Rachmarena, bertujuan agar ada pemerataan informasi tentang masuk ke perguruan tinggi negeri maupun swasta.

“Sebelum masa pandemi, kegiatan Festival Pendidikan yang dimotori Jong Situbondo dilakukan secara tatap muka,” tuturnya.

Kegiatan festival pendidikan kegiatan Seminar, Try Out, UTBK, expo virtual, Roadshow atau podcast yang disiarkan melalui platform Instagram TV @fespensitubondo dan YouTube channel Festival Pendidikan Situbondo ini, kata Devani, sudah berlangsung sejak bulan Juli 2020.

“Semua kegiatan diatas kita kemas secara virtual melalui aplikasi zoom. Untuk kegiatan Try Out UTBK ini, kita bekerjasama dengan Ghanesa Oprasion dan peserta webinar ini akan mendapat panduan free lengkap dari tutor-tutornya,” jelas Devani mahasiswi asal Desa Kedonglo, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo.

Adapun kelebihan dalam melaksanakan festival pendidikan secara virtual ini, sambung Devina adalah, peserta dari berbagai daerah luar Kabupaten Situbondo seperti dari Maluku, Bali, daerah Prajekan Kabupaten Bondowoso dan kota-kota lain luar Kabupaten Situbondo bisa mengikuti Festival Pendidikan ini.

“Animo siswa yang mengikuti festival pendidikan secara vertual ini, memang lebih besar jika dibandingkan dengan tatap muka secara langsung,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia Festival Pendidikan Situbondo Andi Kusuma Wardhana menjelaslan bahwa, Festival Pendidikan ini, merupakan rangkaian acara yang diinisiasi oleh pemuda pemudi di Situbondo yang terintegrasi dari berbagai daerah perguruan tinggi di Indonesia.

“Tujuan dari dibentuknya Festival Pendidikan adalah mempersiapkan siswa SMA/sederajat yang akan masuk ke perguruan tinggi, serta pemerataaan pendidikan tinggi. Output dari Festival Pendidikan Situbondo ini, di harapkan anak SMA/SMK/MA yang telah di targetkan mendapatkan informasi dan pandangan dalam memilih jurusan maupun universitas yang mereka inginkan,” jelas Andi.

Festival pendidikan ini, kata Andi, terbagi menjadi dua periode. Periode pertama dilaksanakan pada rentang waktu Juli hingga Agustus 2020.

“Dalam periode pertama ada dua acara, yaitu Roadshow dan Webinar Pendidikan. Roadshow yang kami laksanakan dikemas menjadi podcast IGTV yang dapat di akses di Instagram @fespensitubondo. Untuk Webinar Pendidikan dilaksanakan melalui daring dengan platform Zoom Meeting. Siaran ulang acara Webinar dapat ditonton ulang di YouTube Channel Festival Pendidikan Situbondo,” jelasnya.

Untuk periode kedua, sambung Andi, dilaksanakan pada rentang waktu Januari hingga Februari 2021. Dalam periode kedua terdapat dua acara yaitu Expo Virtual dengan tema

“Dare To Dream, Break The Limit” dan Try Out UTBK. Sedangkan, Expo Virtual ini merupakan acara yang menampilkan informasi mengenai dunia kampus kepada adik adik SMA.

Kegiatan ini, kata Andi, dilaksanakan pada tanggal 25 Januari 2021 dengan media website official Artsteps. Expo virtual bekerja sama dengan lebih dari 80 perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan menampilkan informasi umum mengenai profil kampus, jurusan dan program studi, prestasi kampus, alumni terkenal, dan informasi lainnya yang berkaitan dengan kampus di Indonesia.

Acara Expo Virtual ini, jelas Andi, merupakan yang pertama di Situbondo dengan harapan adik-adik SMA/SMK/MA tetap dapat menerima informasi mengenai perguruan tinggi.

“Try Out UTBK dilaksanakan secara online yang bekerja sama dengan salah satu bimbingan belajar Ganesha Operation. Tryout UTBK memfasilitasi adik-adik tidak hanya soal-soal tryout, namun juga webinar dan konsultasi mengenai SNMPTN dan SBMPTN,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Andi, adik-adik juga berkesempatan untuk berkonsultasi dengan mentor GO secara online maupun offline. Acara ini diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button