Daerah

Laksanakan Operasi Zebra Polda Sulbar Gelar Apel Pasukan

Berita Nasional.id. Mamuju Sulbar — Kepolisian diseluruh Nusantara akan menggelar operasi Zebra 2018 secara serentak guna meningkatkan kesadaran berlalu lintas untuk meminimalisir angka Pelanggaran dan Kecelakaan.

Hari ini, Selasa (30/10) pelaksanaan secara serentak operasi Zebra 2018 yang ditandai dengan Apel Gelar Pasukan Gabungan TNI/POLRI, Dishub, Jasaraharja, Satpol PP, BPBD, Senkom, Damkar dan lainnya sebagai bentuk kesiapan pelaksanaan operasi.

 

Polda Sulbarpun menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra 2018 yang di Pimpin langsung oleh Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si, di Lapangan Mapolda Jl. Aiptu Nurman Kalubibing Mamuju. Pelaksanaan Operasi Zebra 2018 sendiri ditujukan sebagai upaya penegakan hukum dan meningkatkan kesadaran serta kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas, “Stop pelanggaran, Stop kecelakaan, Keselamatan untuk kemanusian.”

Apel kesiapan Operasi Zebra ini ditandai dengan penyamatan pita tanda operasi kepada perwakilan personil TNI/POLRI dan Dishub serta dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan.Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Drs. Bajarudin Djafar, M.Si dalam amanat Kakorlantas Polri yang dibacakannya menyampaikan ” bahwa gelar pasukan ini untuk mengetahui sejauhmana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan. Perlu diketahui bersama bahwa data jumlah kecelakaan lalu lintas pada pelaksanaan operasi zebra tahun 2017 dibandingkan 2016 Alhamdulillah mengalami penurunan sebanyak 41 % dari 2.960 kejadian (2016) menurun menjadi 2.097 kejadian pada tahun 2017.

 

Tak hanya itu, Korban kecelakaan juga ikut menurun dari 649 orang di tahun 2016 menjadi 388 orang di tahun 2017 atau turun 67 %. namun untuk Jumlah pelanggaran lalu lintas operasi zebra tahun 2017 mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun 2016 yaitu dari 356.101 (2016) menjadi 1.069.541 (2017), mengalami peningkatan sebanyak 713.440 atau 200%.

Kita menyadari, bahwa dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas tersebut tidak bisa berdiam diri, melainkan wajib bertindak dan melakukan berbagai upaya. dalam hal ini menciptakan pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara Kamseltibcarlantas guna mengatasi permasalahan lalu lintas tersebut, perlu dilakukan berbagai upaya untuk menciptakan situasi kamseltibcar lantas dengan memberdayakan seluruh stakeholder, supaya dapat diambil langkah yang komprehensif dan menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas, oleh sebab itu diperlukan koordinasi bersama antar instansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara kamseltibcar lantas, sehingga tercipta keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas.

Amanat undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan serta resolusi pbb tentang decade of action dan dijabarkan melalui keppres nomor 4 tahun 2011 semua itu merupakan langkahlangkah kepedulian Negara untuk:

1. mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (kamseltibcar lantas);
2. meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korbankecelakaan lalu lintas;
3. membangun budaya tertib berlalu lintas;
4. meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

Keempat point di atas merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh polantas sendiri, melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah, dan solusinya yang diterima dijalankan oleh semua pihak , pada pelaksanaan operasi zebra tahun 2018 kali ini ada beberapa prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran operasi karena berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas, antara lain:

1. Pengemudi menggunakan Handphone;
2. Pengemudi melawan arus;
3. Pengemudi Sepeda Motor berboncengan lebih dari Satu;
4. Pengemudi di bawah Umur;
5. Pengemudi dan penumpang sepeda Motor tidak menggunakan Helm SNI;
6. Pengemudi kendaraan bermotor menggunakan Narkoba/Mabuk; dan
7. Pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

Turut hadir dalam Gelar Operasi Zebra 2018 Wakil Gubernur, Para Pejabat Utama Polda Sulbar, Ka BNN Provinsi, Wakabinda Provinsi, Jasaraharja, Kadis BPBD Provinsi, Bupati Mamuju, Kadis Perhubungan, yang Mewakili Danrem 142 Tatag, Kasatpol PP atau yang mewakili dan seluruh tamu undangan lainnya. Direktur Lantas Kombes Pol Chiko Ardwiatto, S.I.K, M.Hum, menjelaskan untuk menyukseskan pelaksanaan operasi Zebra 2018, pihaknya menyiagakan 240 personil untuk wilayah Polda Sulbar dengan rincian personil Polda 50 (lima puluh), masing-masing Polres Jajaran 40 (empat puluh) personil kecuali Polres Mamasa hanya 30 (tiga puluh) personil , disamping itu, pihaknya juga berharap masyarakat Sulawesi Barat mendukung penuh pelaksanaan operasi ini dengan menjadi pelopor keselamatan yang taat dan patuh dengan aturan berlalu lintas. “Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan keselamatan untuk kemanusian dengan menjadi Pelopor keselamatan berlalu lintas,” tutur Dirlantas.(Hms).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button