Ragam

Pemko Medan Gelar Lomba Lari Medan 10K dan 5K

BeritaNasional.ID Medan – Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH melepas peserta lomba lari Medan 10K dan 5K di Jalan Balai Kota Medan, Minggu (25/8/2019). Event rutin Pemko Medan yang digelar setiap tahun oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Medan ini diikuti hampir 3.000 peserta. Selain mengajak masyarakat untuk rajin berolahraga, kegiatan ini digelar dalam rangka mencari serta melahirkan bibit pelari baru yang nantinya dapat mengharumkan nama Kota Medan di tingkat nasional dan internasional.

Lomba lari Medan 10K ditujukan untuk kategori umum, sedangkan Medan 5K untuk kategori umum dan pelajar. Adapun rute yang akan dilalui dari Jalan Balai Kota (start)- Jalan Guru Patimpus- Jalan Gatot Subroto- Jalan Iskandar Muda- Jalan Patimura- Jalan Mongonsidi- Jalan Ir Juanda- Jalan Brigjen Katamso- Jalan Pemuda-Jalan Ahmad Yani dan finish di Jalan Balai Kota.

Pelepasan dilakukan Wali Kota didampingi Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi, Dandim 0201/BS Kolonel Inf Roy Jansen Sinaga dan sejumlah unsur Forkopimda Kota Medan lainnya. Selain memperebutkan piala Wali Kota, event ini juga menyediakan hadiah dengan total sebesar Rp. 188 juta.

Saat bendera mulai diangkat Wali Kota, tampak para pelari yang berasal dari Kota Medan serta sejumlah daerah lainnya seperti Sumatera Barat, Palembang, DKI Jakarta, Jawa Timur hingga Papua berlari menuju rute yang telah ditetapkan. Dengan penuh semangat mereka berlari untuk jadi yang pertama mencapai garis finish meski di bawah guyuran hujan deras.

Usai pelepasan, Wali Kota mengatakan, lomba lari 10K dan 5K digelar untuk memotivasi masyarakat agar gemar berolahraga, khususnya lari. Dengan membiasakan diri berolah raga, Wali Kota optimis masyarakat akan hidup sehat sekaligus mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Disamping itu, bilang Wali Kota, Medan 10K dan 5K menjadi wadah melahirkan bibit pelari yang tangguh dan handal, sehingga nantinya dapat membawa nama Kota Medan mengikuti perlombaan baik tingkat provinsi, nasional bahkan internasional. Hal tersebut juga sejalan dengan upaya menjadikan Kota Medan sebagai kota atlet.

Kemudian sambung Wali Kota, event ini sekaligus memperkenalkan Kota Medan kepada para peserta yang berasal dari Kota Medan. “Semoga pelaksanaan Medan 10K dan 5K dapat lebih baik lagi di tahun mendatang. Dengan demikian event ini dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Kota Medan,” ungkapnya.

Untuk Medan 10K kategori umum, juara pertama putra diraih Robby Sianturi (Bangka Belitung), juara dua Fajar Hidayat (Sumatera Barat) dan juara tiga Ricky Simbolon (Kostrad). Sedangkan kategori putri, juara 1 disabet Pretti Sihite (Sibolga), juara dua Agustina (Asahan) dan juara tiga diraih Rosita (Tapanuli Selatan).

Sementara untuk Medan 5K kategori pelajar juara pertama putra diraih M Raihan (SMAN 8 Medan), Al Azhari (MTS Muallimin Medan) sebagai juara dua dan juara tiga diraih Daud Jaya (SMA Santo Thomas). Untuk putri, juara pertama diraih Halimatusadiah, juara dua Maulida Sari (SMA PAB Medan) dan juara ketiga diraih Rachel Sitorus (Sekolah Djuwita Medan).

Selanjutnya, Wali Kota diwakili Wakil Wali Kota didampingi unsur Forkopimda dan Kadispora Medan menyerahkan piala dan uang pembinaan kepada para pemenang sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas prestasi yang diraih. Di samping itu, dilanjutkan dengan penarikan kupon lucky draw yang semakin menambah kemeriahan acara dengan hadiah utama 6 unit sepeda gunung. (Kiel)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button