AdvedtorialGorontalo

Pemprov Gorontalo Gelar Kominfotik Award 2023, Ini Daftar Pemenangnya

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo untuk pertama kalinya menggelar Kominfotik Award 2023. Kominfotik award merupakan malam penganugerahan yang dikhususkan untuk instansi dan insan terbaik bidang komunikasi, informatika dan statistik di Provinsi Gorontalo. Kegiatan yang diinisiasi Diskominfotik Provinsi Gorontalo ini, dibuka langsung Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya, bertempat di gedung GPCC Kota Gorontalo, Jumat, (8/12/2023) malam.

“Pada malam hari ini Kominfotik Award 2023 Provinsi Gorontalo, merupakan pemberian penghargaan bagi pemangku kepentingan baik internal pemerintah provinsi, eksternal, swasta dan individu yang dipandang berhasil di bidang komunikasi, aplikasi, informatika dan statistik,” kata Ismail Pakaya dalam sambutannya.

Ismail yang juga didaulat membacakan nominasi kategori Desa/Kelurahan Digital terbaik ini berharap, penghargaan ini dapat menjadi motivasi untuk menjadi lebih baik lagi untuk semua insan di bidang komunikasi, informatika dan statistik di masa-masa yang akan datang.

Penganugerahan Kominfotik Award 2023 terbagi dalam enam kategori. Yaitu, kategori duta recak digital, kategori desa/kelurahan digital, kategori wali data Statistik 2023 dan kategori OPD paling kolaboratif. Diserahkan pula penganugerahan keterbukaan informasi publik tahun 2023 untuk instansi vertikal dan pemerintah kabupaten/kota terbaik, serta KPID Award.

Dalam KPID award sendiri diserahkan penghargaan berupa, konten lokal lembaga radio terbaik, talkshow lembaga radio terbaik, penyiar radio terfavorit, presenter berita tv terfavorit, konten lokal lembaga tv terbaik, serta talkshow lembaga tv terbaik.

“Ini adalah bentuk kolaborasi Kominfotik dengan rekan- rekan yang menjadi mitra. Sehingganya pada malam ini tidak hanya pemberian penghargaan bagi penerima Kominfotik Award, tapi kolaborasi kami juga dengan teman-teman Komisi Informasi Provinsi untuk memberikan penganugerahan kepada lembaga publik berdasarkan penilaian informatif. Dan juga penghargaan KPID award,” tutur Kepala Dinas Kominfotik, Rifli Katili.

Tidak hanya penghargaan di bidang Kominfotik dan Statistik. Penganugerahan juga diberikan kepada instansi vertikal dan pemerintah kabupaten kota, dalam kategori keterbukaan informasi publik. Ada nama BPKP perwakilan Gorontalo, BPJS Kesehatan Perwakilan Provinsi Gorontalo, Bawaslu dan KPU Provinsi Gorontalo. Ada juga BPS Provinsi Gorontalo, BPK Perwakilan Gorontalo, serta Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo, yang berhasil meraih kategori paling informatif tahun 2023. Untuk pemerintah Kabupaten/Kota dengan predikat menuju paling informatif diraih Kabupaten Gorontalo Utara.

Ajang penghargaan yang pertama kali digelar oleh Diskominfotik ini, ditutup dengan pengumuman KPID award untuk mengapresiasi insan televisi dan radio lokal di Provinsi Gorontalo. Konten lokal lembaga radio terbaik diraih RRI Gorontalo. Talkshow lembaga radio terbaik diraih radio insania Gorontalo. Terakhir ada penyiar radio terfavorit yang diraih Rizak Anisah penyiar LPPL Radio Suara Rakyat Hulonthalo.

Selanjutnya untuk presenter berita tv terfavorit diraih Anggi Hasan presenter tv I NEWS Gorontalo. Konten lokal lembaga tv terbaik adalah TVRI Gorontalo, serta talkshow lembaga tv terbaik diraih Kompas TV Gorontalo.

“Kita harus berbangga karena di sini juga ada KIP dan KPID award. Harapan saya Provinsi Gorontalo harus lebih informatif, harus lebih terbuka terhadap akses – akses dan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Karena menurut saya, Gorontalo masih perlu kerja keras untuk keterbukaan informasi di bidang pemerintahan kepada masyarakat,” tambah Penjagub Ismail.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfotik Rifli Katili menyebutkan, tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan apresiasi terhadap para OPD, wali data serta anak – anak sekolah SMA sederajat. Penghargaan ini juga memberikan apresiasi kepada lembaga – lembaga penyiaran, agar dapat terus berkarya dan dapat terus memberikan informasi kepada masyarakat. Rifli juga menyebutkan penghargaan ini akan menjadi ajang tahun Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo. (adv/noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button