Ragam

Pemprov Sulbar Gelar Ujian Dinas Dan Penyesuaian Ijazah

Kenaikan pangkat bukanlah hak, namun penghargaan yang diberikan oleh pejabat berwenang, kerena prestasi kerja yang diperolehnya sesuai peraturan yang berlaku

Berita Nasional.ID.Mamuju Sulbar — Sekprov Sulbar, Muhammad Idris berharap, semua peserta dapat mengikuti ujian dinas dan penyesuaian ijazah dengan fokus dan bersungguh-sungguh, serta tidak menganggapnya sebagai formalitas saja. Harapan itu, disampaikan Sekprov Sulbar Muhammad Idris, saat membuka kegiatan Pelaksanaan Ujian Dinas dan Penyesuaian Ijazah Lingkup Pemprov Sulbar, di ruang Auditorium Lantai 4 Kantor Gubernur Sulbar, Senin 11 Februari .

“Saya harap saudara-saudara tidak menganggap ujian ini sebagai suatu formalitas saja, sebab setelah ini masih akan diuji pengatahuan dan kemampuannya sebagai ASN, yang menjunjung tinggi Pancasila dan UUD 1945, pengetahuan tentang peraturan kepegawaian, mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsi, serta pengetahuan lainnya dengan begitu, ASN tersebut dinyatakan layak dinaikkan pangkatnya ketingkat yang lebih tinggi dan membawa dampak perubahan bagi birokrasi dan bergeser dari pola lama, yang dilayani menjadi pelayan masyarakat. Jelas Sekprov .

Terkait kenaikan pangkat bagi PNS, Idris mengatakan, hal tersebut merupakan satu cara untuk meningkatkan prestasi kerja dan pengabdian kepada negara, yang berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2002, tentang kenaikan pangkat PNS.

“Ini secara tegas disebutkan, kenaikan pangkat bukanlah hak, namun penghargaan yang diberikan oleh pejabat berwenang, kerena prestasi kerja yang diperolehnya sesuai peraturan yang berlaku,

Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, kenaikan pangkat sangat berkaitan dengan pengembangan karir. sebagai sebuah pergerakan vertikal dari pangkat dan jabatan semula, ke arah yang lebih tinggi lagi,”sebutnya.

Kepala Bidang Formasi BKD Sulbar, Muh. Hisyam mengatakan, ujian tersebut dilaksanakan atas kerjasama Pemprov Sulbar, melalui BKD Sulbar dengan Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional IV Makassar, yang bertujuan untuk memenuhi sebagian pensyaratan dalam sistem, masa dan jenis kenaikan pangkat PNS dan dorongan untuk meningkatkan prestasi kerja. Dalam kesempatan itu, disampaikan pula, pelaksanaan ujian hanya berlangsung selama satu hari. Sedangkan, untuk peserta ujian sendiri, Hisyam menyebutkan, tidak hanya berasal dari lingkup Pemprov Sulbar saja, namun juga diikuti peserta lain dari lima Kabupaten se-Sulbar diantaranya Majene, Mamuju, Mamuju Tengah, Mamasa dan Pasangkayu.

“Ujian hari ini, selain peserta dari lingkup Pemprov, kami juga memfasilitasi semua Kabupaten yang berada di wilayah Sulbar, kecuali Polewali Mandar yang rencananya akan melaksanakan ujiannya sendiri”ungkap Hisyam
Adapun jumlah perserta ujian, sebanyak 202 orang, dengan rincian yaitu, ujian dinas Tk. I sebanyak 50 orang dan Tk. II sebanyak 38 orang. Sedangkan, untuk ujian penyesuaian ijazah sebanyak 114 peserta, masing-masing terdiri dari S2 sebanyak dua orang, Strata Satu (SI) 97 orang , Diploma Tiga (D3) tiga orang, SMA atau Paket C 12 orang.

Sementara, untuk peserta yang berasal dari Kabupaten, diantaranya Majene berjumlah 30 orang, Mamasa 33 orang , Mamuju 59 orang , Mamuju Tengah 20 orang , Pasangkayu lima orang.

Laporan : Mhy Kominfo

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button