AdvedtorialDaerahPemkab SidrapRagamSidrapSulawesi

Pemuda Sidrap Komitmen Berantas Penyalagunaan Narkoba

Siswandi Minta Polisi Tegakkan Aturan

BeritaNasional. ID, Sidrap – Simposium Pemuda bertajuk tetap keren, tanpa Narkoba, di gelar Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Sidrap.

Kegiatan itu dihelat di Graha Pemuda Sekretariat DPD KNPI Sidrap Jalan Jend. Sudirman Pangkajene, Sabtu 27 Juli 2019 malam.

Hadir sebagai pemantik Kadis Pemuda Olahraga dan Pariwisata Sidrap Anis Dachlan, Kasat Narkoba Polres Sidrap AKP Badollahi, Kasipidum Kejari Sidrap Abdul Kadir Sangadji dan perwakilan BNK Sidrap.

Simposium tersebut diawali dengan penyampain ide, gagasan, pokok-pokok pikiran dan pandangan tentang penyalahgunaan narkoba oleh masing-masing perwakilan OKP dan DPK se Sidrap.

Salah satu perwakilan OKP, dalam hal ini DPD BKPRMI Sidrap mempertanyakan terkait kepastian proses hukum kepada para pengguna dan pengedar narkoba yang disinyalir masih tebang pilih.

“Mitos atau fakta, sejauh ini kami menilai masih banyak para pengedar dan pelaku penyalahgunaan narkoba yang bebas berkeliaran, bahkan yang sudah ditangkap sekalipun terkadang hanya ditahan sebentar saja setelah itu lepas kembali”ungkap Siswadi, Ketua DPD BKPRMI Sidrap.

Sementara itu, Arjun Ketua IMM Cabang Sidrap dalam simposiumnya mengajak kepada seluruh stackholder untuk bisa berkomitmen bersama memberantas penyalahgunaan narkoba.

“Kita tidak bisa hanya berharap sepenuhnya kepada pihak kepolisian untuk membrantas narkoba, namun peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat sangat menentukan. Kita mulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga kita masing-masing,”ujar Arjun.

Dalam kesempatan tersebut, AKP Badollahi Kasat Narkoba Polres Sidrap mengatakan jika memang tidak bisa dipungkiri bahwa pengguna narkoba terbesar adalah mereka yang masuk dalam kategori usia produktif.

“Sidrap ini masuk dalam situasi darurat narkoba, dan yang terlibat itu banyak dari kalangan usia yang masih relatif muda, 15 sampai 40 tahun. Ini sangat memprihatinkan dan perlu kita cari solusinya secara bersama-sama,” ungkap Bidollahi.

Semua pemantik, Kadisporapar, Kasat Narkoba Polres, Kasi Pidum Kejaksaan dan BNK Sidrap sangat mengapresiasi langkah DPD KNPI Sidrap bersama dengan OKP dan DPK yang telah berinisiasi untuk berkomitmen dalam membrantas penyalahgunaan narkoba khususnya di Sidrap.

Di akhir kegiatan tersebut, dilaksanakan deklarasi bersama pemuda pelopor anti narkoba yang ditandai dengan penandatangan bersama semua pihak.

(Risal Bakri)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button