Pemkab SidrapSidrap

Permantap Pengetahuan Kelembagaan Pengelolaan Irigasi, Pemkab Sidrap Gelar Pelatihan PSETK

BeritaNasional. ID Sidrap, –Pemerintah Kabupaten Sidrap menggelar Pelatihan Penyusunan Profil Sosial Ekonomi, Teknik dan Kelembagaan (PSETK) Program Pengembangan dan Pengelolaan Irigasi Partisipatif Terpadu atau Integrated Participatory Development and Management of Irigation program (IPDMIP).

Pelatihan berlangsung di Aula SKPD Sidrap, Senin 25 Maret 2019, diikuti para Ketua P3A dan GP3A, Koordinator dan personil Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM). Pelatihan dihadiri Perwakilan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan  dan Perikanan Sidrap.

Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Bappelitbangda Sidrap, Muhammad Basri, selaku pelaksana kegiatan menjelaskan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman kelembagaan pengelolaan irigasi dan pelaku kegiatan irigasi dan pertanian.

“Diharapkan mereka memiliki kemampuan dalam merencanakan program pemberdayaan kelembagaan P3A, GP3A, IP3A bersama Poktan dan Gapoktan menuju peningkatan kinerja pengelolaan irigasi pertanian secara partisipatif tanggap gender dan berwawasan lingkungan,” ungkap Basri.


Lanjut Basri mengatakan dalam pelatihan itu diperkenalkan metode Pemahaman Partisipatif Kondisi Daerah lrigasi (PPKDI) sebagai wadah berbagi pengalaman masyarakat petani pemakai air.

“Metode ini dapat lebih mengoptimalkan hasil, berorientasi praktis dan keberlanjutan programnya,” terang Basri.

Setelah mengikuti kegiatan tersebut, kata Basri, diharapkan peserta bisa lebih terampil dalam mengelola irigasi, sehingga hasil pertanian semakin banyak dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bumi Nene Mallomo Sidrap, urai Basri.

(Risal Bakri).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button