Daerah

Polda Metro Jaya Berikan Pelayanan Khusus SIM D Peringati Hari Disabilitas

BeritaNasional.ID Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya turut menyediakan pelayanan pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) D yang dikhususkan bagi pengendara sepeda motor penyandang disabilitas.

Kepala Seksie (Kasie) SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar mengatakan, layanan tersebut digelar di halaman parkir Sumarecon Mall Bekasi Utara, Kota Bekasi, Senin (3/12/2018). Pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami tak akan berhenti untuk berinovasi dan mendekatkan diri kepada masyarakat, seperti pelaksanaan SIM Komunitas bagi penyandang disabilitas yang hari ini dilaksanakan di Sumarecon Mall Bekasi ini,” ujar Kompol Fahri Siregar ketika dikonfirmasi wartawan.

Dia menjelaskan, semua pemohon SIM D dari kalangan disabilitas baik baru maupun perpanjangan tetap harus melengkapi persyaratan dan mengikuti ujian baik praktik maupun teori.

“Untuk mendapatkan SIM D pemohon harus lengkapi persyaratan administrasi nya dulu, ikut ujian baik teori maupun praktik. Untuk medan ujian praktiknya kami buat sedemikian rupa sesuai dengan standar,” ujar Fahri.  Tercatat sebanyak 53 penyandang disabilitas mendapat SIM D baru dan 1 orang melakukan perpanjangan.

“Saya harap kepada seluruh penyandang disabilitas untuk mengurus SIM D. Hal ini sebagai bentuk kepatuhan dan mendukung gerakan tertib berlalu lintas,” tandas dia.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Gufroni Sakaril turut hadir dalam memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang dilaksanakan di halaman parkir Sumarecon Mall Bekasi tersebut.

Peringatan HDI tahun 2018 ini mengusung tema “Empowering Persons With Disabilities and ensuring inclusiveness and equality” yang di Indonesia diterjemahkan dalam tema nasional “Indonesia Inklusi dan Ramah Disabilitas”.

Dalam kegiatan ini diikuti lebih dari 70 tenant yang berisi produk disabilitas, dan layanan dari instasi untuk disabilitas termasuk pelayanan SIM D dari Ditlantas Polda Metro Jaya. (DKI1/bn)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button