Nasional

Raker DPRD Bersama Eksekutif & PT BSI, Untuk Ketahui Progress Pengelolaan Tambang Emas

BeritaNasional.ID,

BANYUWANGI – Menangkap berbagai informasi dari masyarakat terkait pengelolaan tambang emas Tumpang Pitu, DPRD Kabupaten Banyuwangi kembali menggelar rapat kerja bersama eksekutif dan PT.Bumi Suksesindo (PT. BSI), Jum’at (01/3/19).

Raker dipimpin Wakil Ketua DPRD, H Joni Subagio MH dihadiri anggota dewan dari lintas komisi, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Samsudin, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Chusnul Khotimah, Kepala Badan Pendapatan Daerah Agus Siswanto, Sekretaris Dinas Cipta Karya dan Penataan Ruang, Komang dan jajaran direksi PT BSI.

Usai raker, H Joni Subagio mengatakan, rapat kerja tersebut sebagai tindaklanjut aspirasi masyarakat terkait dengan pengelolaan tambang emas Tumpang Pitu.

Selain itu, kalangan dewan ingin mendapatkan penjelasan lebih rinci terkait progress penyertaan modal Pemerintah daerah di PT Merdeka Cooper Gold Tbk selaku induk perusahaan PT BSI.

“Sebenarnya domain kita ini bersama PT Merdeka Copper Gold selaku induk perusahaan PT BSI, DPRD ingin croscek antara penjelasan dari eksekutif yang kami nilai belum kongkrit , kita tanyakan kepada PT BSI, benar atau tidak yang disampaikan eksekutif. Ini kita cari titik temunya,“ ucapnya dihadapan pulihan awak media.

Dijelaskan, dalam rapat kerja tersebut banyak hal yang ditanyakan oleh anggota DPRD. Mulai dari nilai saham, deviden hingga perpindahan NPWP PT BSI dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Setiabudi Jakarta Selatan ke KPP Pratama Banyuwangi.

“Alhamdulillah NPWP PT BSI sudah pindah ke KPP Pratama Banyuwangi, sehingga daerah akan mendapatkan sharing pendapatan pajak dari total pajak yang dibayarkan PT BSI. Ini salah satu keuntungan yang didapatkan oleh Kabupaten Banyuwangi,“ papar Joni Subagio.

Menurut Joni yang juga Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa Banyuwangi ini, raker yang dilakukan lembaga wakil rakyat tersebut adalah untuk kepentingan masyarakat dalam bingkai Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Terpisah, Bupati Banyuwangi H.Abdullah Azwar Anas yang dikonfirmasi media pada Sabtu (2/3/19), mendukung langkah DPRD menggelar raker bersama PT BSI. Sehingga ada penjelasan lebih kongkrit terkait dengan saham pemerintah daerah maupun deviden.

“Saya kira cukup bagus, DPRD mengelar rapat kerja bersama PT BSI untuk mendapatkan jawaban yang lebih jelas. Selama ini PT Merdeka Copper Gold kan terbuka, ngak ada yang ditutupi,“ kata Bupati Anas.

Soal deviden, lanjut Anas, sesuai dengan hukum bisnis, kalau sudah waktunya dibagi tentu perusahaan akan membayar kewajibannya.

“Namun jika perusahaan masih harus membayar hutang yang dipergunakan untuk modal pembangunan, tentu harus menunggu,” ucapnya. (Oni)

Caption : Situasi saat rapat kerja DPRD, Eksekutif dan PT BSI di ruang rapat khusus, Jumat (1/3/19)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button