DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Sebanyak 17 Desa di Kabupaten Situbondo Siap Melaksanakan Pilkades Serentak

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Pemilihan Kelapa Desa (Pilkades) serentak tahun 2022 bakal dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2022 mendatang. Totalnya ada 17 desa di 14 kecamatan yang melaksanakan pemilihan calon kepala desa, Senin (18/7/2022).

Keterangan yang disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo, Lutfi Joko Prihatin mengatakan bahwa, pihaknya saat ini sudah menyusun tahapan-tahapan pilkades serentak.

“Tahapan pilkades serentak tahun ini sudah memasuki pengumuman data pemilih sementara (DPS). Sedangkan, untuk pendaftaran bakal calon kepala desa akan dimulai pada tanggal 1 hingga 11 Agustus 2022 mendatang,” ujar Lutfi.

Lebih lanjut, Lutfi menjelaskan bahwa untuk pembentukan panitia pilkades serentak 2022 sudah selesai pada bulan Juni kemarin. Sehingga, pada tanggal 13 sampai 15 Juli 2022 sudah melakukan pendataan DPS. “Pada tanggal 13 sampai 15 Juli 2022, kami sudah mulai melakukan pendataan DPS. Selain itu, ada tahapan pendaftaran pemilih tambahan,” jelasnya.

Setelah dilakukan penetapan calon kepala desa, sambung Lutfi, akan ada kampanye selama tiga hari. Yakni mulai tanggal 21 sampai 23 September 2022. “Setelah ada penetapan calon kepala desa terpilih hasil Pilkades serentak, maka pelantikan akan dilakukan sekitar akhir bulan November. Antara tanggal 21 hingga 30 tahun 2022. Semoga tahapan demi tahapan ini bisa berjalan dengan aman, lancar dan sukses,” kata Lutfi.

Dalam pesta demokrasi pilkades tahun 2022 ini, ada 17 desa yang akan menyelenggarakan pilkades serentak tahun 2022, diantaranya Desa Kalisari, Kecamatan Banyuglugur; Curahsuri, Kembangsari, Kecamatan Jatibanteng; Sumberejo, Kecamatan Besuki; Sumberagro, Kecamatan Sumbermalang; Selomukti, Kecamatan Mlandingan; Kendit, Tambak Ukir, Kecamatan Kendit.

Selanjutnya, Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan; Desa Kotakan, Kecamatan Situbondo; Desa Sliwung, Desa Klampokan, Kecamatan Panji; Desa Semiring, Kecamatan Mangaran; Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa; Desa Pesanggrahan, Kecamatan Jangkar; Desa Wringin Anom, Kecamatan Asembagus; dan Desa Sumberejo Kecamatan Banyuputih.

Publisher         : Heru Hartanto

Pewarta           : As’ad Zuhaidi Anwar

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button