AdvedtorialDaerahPemkab SidrapRagamSidrapSulawesi

Selamat, Puskesmas Pangkajene Sidrap Raih Akreditasi Paripurna

BeritaNasional. ID, Sidrap— Prestasi membanggakan sektor Kesehatan diraih Kabupaten Sidrap. Tahun ini, Puskesmas Pangkajene berhasil mendapat status Akreditasi Paripurna.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Puskesmas Pangkajene, dr. Hj. Mariana yang ditemui di Kantor Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Sidrap, Selasa 14 Mei 2019.

“Kemarin Kami menerima surat dari Komisi Akreditasi tentang penetapan Puskesmas Pangkajene Sidrap sebagai status Akreditasi,” ungkap Hj. Mariana.

Ia mengutarakan, penilaian oleh Tim Survei Akreditasi dilaksanakan 23 hingga 25 April 2019 lalu. “Alhamdulillah, proses penilaian dilalui dengan baik. Kuncinya, Kami selalu mengedepankan kedisiplinan, kebersihan dan kerjasama,” urai Hj. Mariana.

Lanjut Mariana juga mengungkap, peran pemerintah daerah sangat besar dalam capaian prestasi tersebut.

“Dukungan SDM yang dilengkapi serta pendanaan, sarana, gedung dan fasilitas-fasilitas lainnya sangat menetukan dalam penilaian akreditasi ini,” jelas Mariana.

Senada dengan itu, Kadis Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB Sidrap, dr H Andi Irwansyah mengungkap apresiasi atas dukungan penuh pemerintah daerah terhadap penilaian akreditasi tersebut.

Bagi Pemerintah Kabupaten Sidrap sendiri, prestasi tersebut tergolong Prestisius. Betapa tidak, hanya dalam jangka lima bulan, Bupati dan Wakil Bupati Sidrap, H Dollah Mando dan H Mahmud Yusuf telah menghadirkan prestasi yang terhitung sulit diraih itu.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak terkhusus perhatian dan dukungan penuh yang diberikan Bapak Bupati dan Wakil Bupati Sidrap,” ujar Irwansyah.

Lebih jauh Irwansyah mengatakan, status Akreditasi Paripurna Puskesmas Pangkajene adalah yang kedua di Sidrap setelah Puskesmas Tanru Tedong.

“Jarang Kabupaten yang bisanya memiliki dua puskesmas status Akreditasi Paripurna di Sulwesi Selatan bahkan Provinsi lain di Indonesia,”

Irwansyah juga menjelaskan, status Akreditasi Paripurna merupakan amanah yang harus dijaga dan dipertahankan. “Pekerjaan tidak berhenti sampai di sini, pelayanan kesehatan yang baik harus tetap diberikan kepada masyarakat,” kuncinya.

Sebagai informasi, Akreditasi Paripurna merupakan pengakuan tertinggi yang diberikan lembaga independen penyelenggara akreditasi kepada Puskesmas. Penilaian berdasarkan fasilitas kesehatan, standar dan mutu pelayanan yang berkesinambungan.

“Tingkatan akreditasi dari terendah sampai tertinggi yaitu Akreditasi Dasar, Akreditasi Madya, Akreditasi Utama dan Akreditasi Paripurna,” ungkap Irwansyah.

(Risal Bakri)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button