Nasional

Setelah Bebas Dari Lapas Gunung Sindur, Abu Bakar Ba’asyir Akan Tinggal Di Solo

BeritaNasional.ID Jakarta – Keputusan Presiden membebaskan Abu Bakar Ba’asyir disambut baik oleh keluarga. Narapidana terorisme Abu Bakar Ba’syir saat ini menghuni di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Selama bebas, Ba’asyir akan tinggal di Solo.

“Kami bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat yang besar ini, atas dibebaskannya beliau (Ba’syir) dari penjara ini. Ini hal yang wajib kami syukuri,” kata putra Ba’syir, Abdul Rohim, saat kami hubungi melalui pesan singkat, Sabtu (19/1/2019)

Jika sudah bebas nanti, lanjut Abdul, Ba’asyir akan tinggal di Pondok Pesanteren Al Mukmin, Solo, Jawa Tengah bersama keluarga.

“Insya Allah kalau sudah bebas, karena memang kebetulan tinggal di rumahnya kami di Pesantren Al Mukmin, jadi akan tinggal di sana,” jelas Abdul.

Terkait aktivitas, Abdul mengaku bahwa Ba’syir nantinya akan lebih banyak mengahabiskan waktu berisitirahat di rumah mengingat kondisi kesehatannya yang tidak seperti dulu lagi.

“Kan sudah tidak ada batasan, bebas murni dan beliau juga sebagai warga biasa. Tapi karena kondisi kesehatan beliau kan tidak seperti dulu, untuk kegiatan tablig dan sebagainya akan sangat terbatas karena kondisi fisiknya dan kesehatannya,” tutupnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memutuskan dibebaskannya Ba’ayir karena sudah menjalani lebih dari separuh masa hukuman 15 tahun, dan sudah menginjak usia 81 tahun.

Hal tersebut dikatakan Kuasa hukum pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra saat mendatangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jumat (18/1/2019). (dki1/bn)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button