AdvedtorialDaerahPemkab SidrapSidrapSulawesi

Sidrap Masuk Kelompok IPM Kategori Tinggi

BeritaNasional. ID, Sidrap— Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sidrap Tahun 2018 berhasil masuk Kelompok Kategori Tinggi di Provinsi Sulawesi Selatan.

Baru 8 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan yang masuk “kelompok elit” itu, yakni Kota Makassar, Kota Parepare, Kota Palopo, Kabupaten Luwu Timur, Enrekang, Pinrang, Sidrap dan Barru.

“Sumber data IPM BPS 2019 menunjukkan, IPM Kabupaten Sidrap tahun 2018 yaitu 70,60. Sehingga masuk kelompok IPM tinggi karna di atas 70,” ungkap Kepala BPS Sidrap Misbahuddin (10/6) Via WhatsApp.

Data yang dikirim Misbahuddin menunjukkan, IPM Sidrap tahun 2018 berada di atas 70 setelah mengalami pertumbuhan 1,1 persen dari capaian tahun sebelumnya, yakni 69,84.

“Capaian ini merupakan wujud pembangunan manusia yang baik melalui dimensi Kesehatan, Pendidikan dan pengeluaran,” ujar Misbahuddin.

Lebih jauh Musbahuddin memaparkan, untuk mengukur dimensi Kesehatan digunakan angka harapan hidup waktu lahir.

Sementara dimensi pengetahuan, lanjut Misbahuddin, diukur menggunakan gabungan indikator rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah.

“Adapun untuk mengukur dimensi hidup layak digunakan indikator kemampuan daya beli masyarakat terhadap sejumlah kebutuhan pokok makanan dan bukan makanan, yang dilihat dari rata-rata besarnya pengeluaran per kapita sebagai pendekatan pendapatan yang mewakili capaian pembangunan untuk hidup layak,” singkat Misbahuddin.

(Risal Bakri)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button