AdvedtorialDaerahPemkab SidrapSidrapSulawesi

Tinjau Langsung Banjir, Bupati Sidrap Instruksikan Penanganan Darurat

BeritaNasional. ID, Sidrap— Banjir akibat curah hujan tinggi yang memicu luapan air sungai Tanru Tedong, melanda 3 wilayah Kecamatan di Kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan, Sabtu, 8 Juni 2019.

Tiga Kecamatan itu yakni Dua Pitue, Pitu Riawa dan Pitu Riase.

Melihat kondisi tersebut, Bupati Sidrap, H. Dollah Mando tak tinggal diam, hari yang sama, Ia langsung meninjau beberapa titik banjir yang menggenang fasilitas umum, pemukiman dan persawahan penduduk.

Saat turun, Bupati Sidrap Dollah Mando didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Sidrap, H. Siara Barang, Camat Dua Pitue H. Andi Bachtiar, dan sejumlah SKPD terkait.

Turut serta dalam peninjauan, Kapolsek Pitu Riase IPTU Sudirman, Kapolsek Dua Pitue IPTU Ramli dan  Danramil 1420-05, Pelda Muh. Ridwan.

Setelah memantau kondisi warganya, Dollah Mando langsung mengintruksikan pada Dinas terkait seperti BPBD Sidrap dan aparat Kecamatan, Desa/Kelurahan setempat untuk mengambil langkah penanganan darurat.

“Saya perintahkan instansi terkait melakukan tindakan yang perlu agar bencana banjir bisa tertangani dengan baik. Begitupun pihak keamanan, Saya sudah koordinasi dengan Pak Kapolres dengan Pak Dandim untuk menyiagakan personilnya jika sewaktu-waktu dibutuhkan para korban banjir,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu Dollah Mando kepada masyarakat, berharap tetap berhati-hati dan waspada.

“Diharapkan orang tua tidak membiarkan anak-anaknya bermain air karena dikhawatirkan mengancam keselamatan jiwanya. Begitu juga untuk terus memantau debit air yang semakin meninggi bila hujan terus turun hingga beberapa waktu ke depan,”imbuh Dollah Mando.

Ia juga menyampaikan, pemerintah Daerah bersama unsur TNI-Polri senantiasa akan membantu warga jika sewaktu-waktu dibutuhkan atau sudah kondisi darurat, tegas Dollah Mando. (Risal Bakri).

Berikut wilayah yang dilanda banjir di 3 kecamatan Kabupaten Sidrap.

Kecamatan Dua Pitue meliputi :

1). Kelurahan Tanru Tedong
2). Kelurahan Salomallori
3). Desa Salobukkang
4). Desa Padang Loang
5). Desa Padangloang Alau
6). Desa Salobukkang
7). Desa Kalosi
8). Desa Kampale.

Kecamatan Pitu Riawa Meliputi :

1). Kelurahan Lancirang
2). Desa Sumpang Mango.
3). Desa Aju Bissu
4). Desa Dongi
5). Desa Lasiwala
6). Desa Bulu Cendrana

Kecamatan Pitu Riase Yakni :

1). Desa Bola bulu

2). Dusun terisolir/terjebak banjir
3). Desa Botto.

(Risal Bakri)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button