DPRD Prov SulbarPolewali MandarSulawesi BaratSulbar

OPD Mangkir Rapat LKPJ Bupati Polman, DPRD Polman Harap Bupati Bertindak Tegas

BeritaNasional.ID.POLMAN SULBAR —Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Polewali Mandar mangkir saat jadwal rapat pembahasan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati 2023. Pihak DPRD pun meminta Pj Bupati Polman tegas mengambil sikap.

Wakil Ketua I DPRD Polman Amiruddin menyampaikan hal seperti ini harusnya tidak terjadi karena dalam Paripurna kemarin, Pj. Bupati Polman meminta langsung ke OPD untuk tidak meninggalkan Polewali Mandar selama pembahasan LKPJ Bupati 2023.

“Faktanya hari ini mereka (Eksekutif) ada yang keluar daerah ke Makassar. Artinya, para OPD ini tidak mendengarkan apa yang disampaikan Pj. Bupati Polman,” Ujar Amiruddin saat ditemui di ruangan Aspirasi DPRD Polman, Jumat (19/4/2024).

DPRD meminta Pj. Bupati Polman tegas kepada OPD-OPD yang terlibat dalam pembahasan LKPJ Bupati 2023 untuk menghadiri dan menghargai undangan DPRD Polman. Mengingat, waktu pembahasan tinggal dua Minggu lagi.

Mereka tidak hanya molor dalam pembahasan, namun penyerahan LKPJ kemarin mestinya tertanggal 30 atau 31 Maret, ternyata terselenggara di 4 April 2024.
“Dihari kerja saja mereka (pihak Eksekutif) tidak datang, apalagi kalau mau dibahas dihari libur!!” Ungkap Wakil Ketua DPRD Polman.
Menurutnya, Polman saat ini betul-betul krisis kepercayaan, krisis kepemimpinan. Sehingga rapat pembahasan hari ini hanya dihadiri beberapa orang saja dari pihak eksekutif.

Ditempat sama, Ketua Pansus Rudi Hamzah mengatakan secara adminitrasi undangan rapat pembahasan sudah disampaikan staf bagian Sekwan sejak kemarin.

Di era digitalisasi, kata Rudi Undangan bisa saja dikirim Via WhatsApp memanfaatkan teknologi komunikasi jika tidak sempat menerima undangan secara langsung, jadi tidak ada alasan mereka (Eksekutif) tidak menghadiri rapat hari ini.
Untuk itu, Ia telah menghubungi langsung Pj. Bupati Polman agar menghadirkan Sekretaris Daerah, Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat; Inspektur Inspektorat Kabupaten Polewali Mandar, Kepala BALITBANGREN, Kepala BKPP Kabupaten Polman, Kepala Badan Keuangan, Kepala Badan Pendapatan, Kepala Bagian Pemerintahan Setda.Tim Penyusun LKPJ Bupati 2023 pada jam kedua hari ini.

Sementara itu, Anggota DPRD Polman Ilham menambahkan banyak hal yang perlu diluruskan dalam pembahasan LKPJ ini, untuk mengetahui apakah ini kesalahan dari editornya atau faktanya memang seperti ini.
Kemudian persoalan ketidakhadiran pihak Eksekutif hari ini memang mencerminkan ketidakseriusan hanya karena undangan yang dianggap telat sampai, sementara berkomunikasi diera digital sekarang sangat mudah untuk melakukan pertemuan.(yn)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button