DaerahJawa TimurMenuju Pemilu 2024PolitikSitubondo

Partai Golkar Situbondo, Deklarasikan dan Mendukung Pasangan Petahana pada Pilkada

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Halal bi halal sekaligus Rakor Pemenangan Pemilukada yang digelar Dewan Pengurus Daerah Partai Golongan Karya (DPD Golkar) Kabupaten Situbondo resmi mendeklarasikan dan mendukung pasangan petahana Karna Suswandi sebagai calon bupati dan Nyai Hj Khoirani sebagai calon wakil bupati Situbondo, Sabtu (04/05/2024).

Deklarasi berlangsung di Kantor DPD Partai Golkar di Jalan PB Sudirman Situbondo tersebut dihadiri pengurus Partai Golkar dari tingkat ranting, desa, kecamatan hingga kabupaten.

Keterangan yang disampaikan Ketua DPD Partai Golkar Situbondo Rahmad menjelaskan bahwa, keputusan Golkar Situbondo dalam mendukung petahana Karna Suswandi dan Nyai Hj Khoirani untuk maju kembali pada Pilkada yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024, berdasarkan surat penugasan dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) Parta Golkar.

“Keputusan penugasan DPP Partai Golkar terhadap Karna Suswandi sebagai cabup dan Nyai Khoirani sebagai cawabup Situbondo berdasarkan survei tingkat kepuasan masyarakat dan elektabilitas keduanya sangat bagus. Elektabilitas Karna Suswandi masih di atas 70%. Sedangkan untuk Nyai Khoirani masih di atas 60%,” jelas Rahmad.

Berdasarkan elektabilitas tersebut, sambung Ketua DPD Golkar Situbondo, menjadi salah satu tolak ukur keputusan Golkar untuk mendukung petahana pada Pemilukada Situbondo yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024. “Sebelumnya ada tiga nama yang direkomendasikan DPP Partai Golkar. Dari hasil penjaringan untuk maju sebagai cabup ada tiga calon yakni Rahmad, Karna Suswandi, dan Heroe.

“Karena saya dan Pak Heroe sudah terpilih sebagai anggota DPRD Situbondo, maka tidak mungkin saya akan maju sebagai kandidat bacabup. Otomatis surat penugasan itu jatuh sepenuhnya kepada petahana Karna Suswandi dan Nyai Khoirani,” tegas Rahmad.

Untuk itu, lanjut Rahmad, memastikan DPD Partai Golkar Situbondo akan berjuang sepenuhnya mengutus dan bermusyawarah dengan seluruh pengurus, baik di tingkat desa hingga kabupaten memenangkan pasangan petahana.

“Untuk memangkan pasangan petahana pada pilkada 2024 yang bakal di gelar pada 27 November 2024, maka kami akan kerahkan semua kekuatan pengurus, kader hingga simpatisan Partai Golkar untuk mengawal dan mendukung serta memenangkan Karna Suswandi dan Nyai Khoirani,” tegas Rahmad.

Dilain pihak, Bupati Situbondo Karna Suswandi saat diwawancarai sejumlah wartawan mengatakan bahwa dirinya tidak menyangka akan mendapat dukung penuh dari Partai Golkar. “Awalnya saya tidak menyangka akan dapat dukungan dari Partai Golkar. Tapi, setalah mendapat penjelasan dan menerima langsung surat penugasan dari DPP partai Golkar sebagai bakal calon bupati, baru saya percaya,” ujarnya.

Lebih lanjut, bupati yang akrab di panggil Bung Karna ini mengatakan, Partai Golkar merupakan partai yang pertama mendeklarasikan mendukung dirinya bersama Nyai Khoirani untuk maju kembali pada Pilkada 2024. “Saya sempat kaget karena tidak menyangka jika partai Golkar bisa mendukung saya di Pemilukada yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang,” tuturnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Bung Karna, namun dia mengungkapkan bahwa, hingga saat ini dirinya masih menjalin komunikasi dengan partai-partai Islam. Sebatas ini, Bung Karna baru berkomunikasi dengan partai nasionalis saja. “Untuk partai yang religius akan saya upayakan bertemu terakhir,” pungkas Bupati Karna. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button