OpiniPolitik

Pilkada Bone Bolango dan “Pesona Politik” Merlan Uloli

Bagian 1

BeritaNasional.ID — Genderang pilkada di Kabupaten Bone Bolango telah ditabuh. KPU Kabupaten Bone Bolango baru saja meluncurkan tahapan Pilkada pada Jum’at (3/5/2024). Meski tahapan Pilkada baru saja dimulai, namun sejak tahun lalu, sejumlah nama mulai dari politisi, birokrat, pengusaha hingga akademisi dikabarkan bakal meramaikan kontestasi lima tahunan ini.

Sejumlah partai politik di Kabupaten Bone Bolango pun telah melakukan langkah-langkah strategisnya dalam menjaring para tokoh yang akan diusung sebagai Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati yang pendaftarannya akan dimulai pada Agustus mendatang. Pun demikian sebaliknya, sejumlah politisi hingga birokrat pun telah mendaftarkan dirinya ke sejumlah partai politik dan berharap mendapatkan rekomendasi partai untuk diusung sebagai Calon Bupati maupun Calon Wakil Bupati.

Seperti yang dilakukan oleh Partai Nasdem. Melalui program Nasdem Memanggil, sejumlah politisi hingga birokrat pun telah mendaftarkan dirinya ke Partai besutan Surya Paloh ini. Diantara para pendaftar itu adalah petahana, Merlan S. Uloli yang juga merupakan kader Partai Nasdem.

Namun, “pesona politik” yang dimiliki oleh Srikandi Bone Bolango ini, diduga telah menggoyahkan “hasrat politik” beberapa pimpinan partai politik selain Partai Nasdem.

Aura politik yang terpancar dari wajah teduh Sang Srikandi bahkan diyakini telah mampu “meluluhkan” hati para politisi di Kabupaten Bone Bolango.

Buktinya, pimpinan DPC PPP dan DPC PKB Kabupaten Bone Bolango telah datang menyatakan dukungan kepada Merlan Uloli, Jumat (4/5/2024).

Pengurus DPC PPP saat menemui Merlan Uloli di rumah pribadinya, Sabtu (4/5/2024). foto: fb Ichsan Adrias Male
Ketua DPC PKB Bone Bolango menyatakan dukungan kepada Merlan Uloli sebagai Bakal Calon Bupati Bone Bolango (foto: fb Ichsan Adrias Male)

Bukan hanya PPP dan PKB, dari salah satu sumber yang dekat dengan Merlan Uloli, beberapa pimpinan partai lain juga ada yang sudah melakukan komunikasi politik dengan Merlan Uloli.

Dukungan politik yang datang dari sejumlah partai selain Partai Nasdem ini, diprediksi akan semakin memperkuat posisi tawar (bargaining) politik Merlan Uloli sebagai Bakal Calon Bupati. Artinya jika melihat komposisi perolehan kursi di DPRD masing-masing partai politik yang menyatakan dukungan kepada Merlan Uloli, maka bisa dipastikan Merlan akan maju dengan dukungan koalisi partai politik yang besar.

Bersambung..

(Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button