Artikel/OpiniRagam

Desain Kemasan : Satu Gambar Berjuta Makna

Oleh : Risa Meutia Fiana, STP, MP *)

BeritaNasional.ID — Perkembangan dunia industri menyebakan produsen bersaing secara ketat untuk merebut hati konsumen. Salah satu strategi yang dapat dilakukan oleh produsen yaitu mendesain kemasan seinformatif dan semenarik mungkin. Desain kemasan merupakan suatu ilmu yang memadukan antara estetika, fungsi dan komunikasi untuk menciptakan presepsi yang menarik kepada konsumen.

Desain kemasan merupakan faktor utama yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk. Aspek yang penting dalam sebuah desain kemasan yaitu kemampuan untuk menyampaikan pesan secara utuh dalam satu buah gambar. Desain kemasan harus mampu mengkomunikasikan secara utuh mengenai keunggulan dan ciri khas produk dalam sebuah gambar.

Gambar pada kemasan akan menjadi sebuah identitas merek suatu produk. Gambar yang efektif akan cepat menyampaikan informasi kepada konsumen yang menyebabkan konsumen cepat mengidentifikasi sebuah produk. Identifikasi yang cepat berdampak terbentuknya ikatan emosional antara konsumen dengan produk. Contoh produk mie instan kuah yang ikonik dengan warna kuning dimana dilengkapi dengan warna typography merah yang menjadi universal produk mie instan yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia.

Gambar pada kemasan sangat berperan dalam mengkomunikasikan nilai-nilai yang akan disampaikan oleh produsen ke konsumen. Gambar buah-buahan yang segar dan berwarna menarik pada kemasan jus buah dapat menginformasikan kesan alami dan sehat yang mempengaruhi daya beli konsumen.

Gambar kemasan juga memiliki kekuatan untuk bercerita yang mempengaruhi emosi konsumen. Sebuah gambar pada kemasan biscuit merek X yang mengambarkan keluarga yang bahagia menjadi pemicu emosi positif sehingga menciptakan hubungan yang kuat antara produk dengan konsumen.

Dalam dunia kemasan, satu gambar dapat memiliki berjuta makna. Kekuatan gambar pada kemasan  dalam menyampaikan pesan tidak hanya menyebabkan daya tarik secara visual tetapi efektif dalam mengkomunikasikan nilai-nilai produk kepada konsumen.

Oleh karena itu, perancangan kemasan harus melakukan pemilihan gambar dengan sangat cermat dan memastikan gambar tersebut membuat kemasan memberikan kesan yang kuat dan positif kepada konsumen.

Editor : Ay

*) Biodata Penulis :
Nama : Risa Meutia Fiana, STP, MP
Profesi : Dosen Departemen Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas
E-mail : risameutiafiana@ae.unand.ac.id

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button