AdvedtorialGorontalo

Satgas Lanal Kwg-Gorut Audiensi dengan DKP Gorontalo, Ini yang Dibahas

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Satgas Lanal Kwg-Gorut menggelar audiensi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Gorontalo, Jum’at (17/5/2024).

Dalam audiensi ini dihadiri oleh Dansatgas Lanal Kwg-Gorut, Sekretaris DKP Provinsi Gorontalo, Pengawas Perikanan, Polsus PWP3K, Kelompok Masyarakat Pengawas dan Komunitas Motor Cinta Laut.

Beberapa hal yang menjadi agenda pembahasan saat audiensi diantaranya permohonan ijin mengumpulkan seluruh POKMASWAS MARITIM wilayah Gorontalo Utara utk “Rapat Penyelarasan Tupoksi dan Pembekalan Kemaritiman” oleh Satgas Lanal Kwg-Gorut di Aula Kantor Kecamatan Anggrek yang waktunya disesuaikan dari DKP Provinsi Gorontalo.

Tujuan giat tersebut untuk mengoptimalkan pengawasan pemanfaatan ruang laut melalui pemberdayaan pokmaswas, meminimalkan praktek illegal fishing dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Berikutnya, permohonan ijin pinjam pakai alpung/kapal pengawasan milik PSDKP untuk digunakan Patroli Satgas Lanal Kwg-Gorut.

Dalam audiensi itu juga disampaikan informasi pendahuluan untuk rencana kegiatan “Ekspedisi Merah Putih Diyonumo” di Pulau Diyonumo yang dipromosikan oleh Komunitas Ito Mohutato, Masyarakat Pesisir Kecamatan Sumalata Timur, dan Satgas Lanal Kwg-Gorut yang akan diagendakan pada hari Sabtu, 01 Juni 2024 dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Pancasila.

Selain itu, disampaikan pula hasil survey dari Satgas Lanal Kwg-Gorut terkait Bangkai Kapal yang berada di Titik Laut Tg. Sumalata yang memberikan dampak pada arus pelayaran nelayan dan kecenderungan pengambilan besi tua secara ilegal yang akan memunculkan konflik antar nelayan di tengah laut.

Untuk mengantisipasi hal ini, Satgas Lanal Kwg-Gorut siap melaksanakan pengawasan secara langsung.

(Rls/Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button