BulukumbaDaerahRagamSoppeng

Keberhasilan Program Kerja Dinas PKHP Soppeng Dilirik Oleh Kabupaten Bulukumba Dan Mandar

BeritaNasional. ID, Soppeng–Dinas Peternakan Kesehatan Hewan dan Perikanan (PKHP), memiliki strategi tertentu pada program kerja mereka dalam upaya memanfaatkan potensi air tawar agar menjadi salah satu sumber untuk meningkatkan ekonomi rakyat. Beberapa langkah-langkah strategis dilakukan Pemda dalam hal ini dinas PKHP demi terwujudnya hal tersebut, antara lain  mengoptimalkan BBI (Balai Benih Ikan), meningkatkan produksi dan konsumsi ikan air tawar melalui Kolam Terpal (KOTER) dan  pengelolaan untung rugi agribisnis mereka,  serta strategi pengelolaan Kolam terpal.

Keberhasilan Program Kerja Dinas PKHP Soppeng ini dilirik oleh dua Kabupaten Lain di Sulawesi Selatan yaitu Bulukumba dan Polman, ini terbukti pada hari kamis 21 Oktober 2021, di UPTD BPPBIAT (Balai Perbenihan dan Pengembangan Budidaya Ikan Air Tawar) Ompo, Soppeng.  Kadis PKHP Soppeng Erman Asnawi dalam sehari menerima dua kunjungan kerja dari kedua kabupaten tersebut yang ingin konsultasi.

Dalam kesempatan itu

Peninjauan Lokasi Kolam Perbenihan

Kadis PKHP Soppeng menerima terlebih dahulu Kabupaten Bulukumba yang  diwakili oleh Komisi B Anggota DPRD Bulukumba, dipimpin oleh Fahidin HDK, bersama kesembilan anggota komisinya mengutarakan maksud kunjungan mereka mempelajari strategi Pemerintah Daerah Kabupaten Soppeng dalam hal pemanfaatan potensi air tawar dalam upaya peningkatan ekonomi  masyarakat dan mempelajari bagaimana mengoptimalkan BBI (Balai Benih Ikan). Fahidin mengatakan, Pemberitaan Media yang ramai akan keberhasilan Program ini  melahirkan keinginan mereka datang konsultasi untuk mengetahui inovasi apa saja yang membuat Soppeng dalam hal ini dinas PKHP berhasil melahirkan terobosan baru dalam mengoptimalkan potensi air tawar.

Kunjungan kedua dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Polewali Mandar, Kabid Perikanan Budidaya Ahmad bersama satu orang anggotanya, yang bermaksud mempelajari bagaimana Kabupaten Soppeng meningkatkan produksi dan konsumsi ikan air tawar melalui Kolam Terpal (KOTER) dan mempelajari bagaimana agribisnis, untung rugi dan cara pengelolaan Kolam terpal ini.

Pada sambutan penerimannnya, Kepala Dinas Peternakan Kesehatan Hewan dan Perikanan Kab. Soppeng  Erman Asnawi,  yang didampingi oleh Kepala UPTD BPPBIAT Ompo Andi Ongkeng  dan Kabid Perikanan Hisbullah  mengatakan bahwa suatu kehormatan bagi Pemkab Soppeng dalam hal ini Dinas Peternakan Kesehatan Hewan dan Perikanan menjadi Kabupaten pilihan untuk konsultasi. Memang selama ini Dinas Peternakan Kesehatan Hewan dan Perikanan terus berupaya meningkatkan konsumsi ikan dan budidaya ikan air tawar salah satunya melalui kolam terpal yang biayanya relatif murah dan praktis, ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut para tamu diajak berkeliling untuk melihat langsung kolam perbenihan dan kolam terpal yang ada di UPTD BPPBIAT Ompo

 

Sumber( DPKHP Soppeng)*

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button