AdvedtorialGorontalo

DKP Provinsi Gorontalo Beri Bantuan Bahan Baku Ikan ke LKSA

BeritaNasional.ID, GORONTALO — Dalam rangka merealisasikan terwujudnya ketahanan pangan dan gizi tersebut, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo mengupayakan peningkatan konsumsi ikan masyarakat dengan menginisiasi bantuan bahan baku ikan untuk LKSA di Provinsi Gorontalo.

Sasaran dari kegiatan Bantuan Bahan Baku Ikan Untuk LKSA adalah Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) maupun lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) yang terdaftar di Dinas Sosial, memiliki Surat Izin Operasional, berada di wilayah Provinsi Gorontalo, aktif menangani masalah sosial serta memiliki anak binaan yang tinggal pada Lembaga Kesejahteraan Soasial Anak.

Tahun Anggaran 2024, DKP telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 300.000.000 (tiga ratus juta rupiah) untuk pengadaan bantuan bahan baku ikan bagi 38 LKSA di semua Kabupaten/Kota dengan jumlah sasaran sebanyak 1.084 anak binaan. Bantuan bahan baku ikan ini disalurkan selama 6 (enam) bulan sejak Bulan April hingga September dengan jumlah ikan sebanyak 1.178 kg setiap bulannya.

Program Nasional Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) ini, bagi Provinsi Gorontalo dipandang sangat penting guna mempertahankan tingkat konsumsi ikan yang sudah dicapai. Selain itu dengan program ini tentunya bisa meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) bagi masyarakat yang berada di Desa Pesisir Provinsi Gorontalo maupun masyarakat yang kurang mampu serta pada Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) yang berimplikasi bagi peningkatan kualitas sumberdaya manusia, dan menciptakan ketahanan pangan daerah.

Sebagai institusi pemerintah, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo, aktif menangani masalah pangan yang bersumber dari produk-produk kelautan dan perikanan serta mendukung terwujudnya ketahanan pangan Nasional melalui bahan pangan yang berasal dari ikan.

Adapun tujuan dari Kegiatan Bantuan Bahan Baku Ikan untuk LKSA yaitu merubah pola konsumsi masyarakat untuk beralih pada ikan sebagai menu utama khususnya Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA), sehingga bisa meningkatkan angka konsumsi ikan di Provinsi Gorontalo mengingat Provinsi Gorontalo memiliki potensi pengembangan sumberdaya perikanan dan kelautan yang sangat besar dalam menunjang ketahanan pangan dan peningkatan ekonomi masyarakat pesisir.

(Noka)

Sumber: Humas DKP Provinsi Gorontalo

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button