AdvedtorialPemkab SinjaiSinjai

Potensi Banjir dan Tanah Langsor, Pj Bupati Sinjai Imbau Warga Waspada Curah Hujan Tinggi

BeritaNasional.ID, SINJAI SULSEL – Intensitas curah hujan yang tinggi terjadi di Kabupaten Sinjai beberapa hari terakhir ini.

Menyikapi hal itu, Penjabat (Pj) Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah menghimbau warga agar selalu waspada akan potensi terjadinya banjir dan tanah longsor.

“Pentingnya kewaspadaan dan langkah-langkah pencegahan yang tepat untuk mengurangi risiko dampak dari bencana alam tersebut”, Kata T.R begitu sapaannya, Rabu (24/04/2024).

Karena itu, orang nomor satu di Kabupaten Sinjai ini sangat berharap kepada warga untuk senantiasa waspada dan siap siaga, terutama yang bermungkini di daerah-daerah rawan banjir dan tanah longsor.

“Terkhusus yang berada di dataran rendah atau di daerah pesisir pantai dan bantaran sungai, saya kembali ingatma agar selalu waspada terjadinya banjir, begitu pula masyarakat permukiman yang berada di wilayah dataran tinggi saya juga imbau agar tetap mewaspadai bencana longsor terlebih saat hujan dengan intensitas tinggi mengguyur sewaktu-waktu”, Imbuhnya.

Selain itu, Pj Bupati juga berharap kepada BPBD Sinjai dan seluruh Camat, Lurah/Kepala Desa untuk meningkatkan koordinasi. Diantaranya dengan intens melakukan pemantauan terhadap situasi di wilayah masing-masing.

“Persoalan bencana kita tidak tahu kapan terjadinya, kami tidak bisa mencegah, tapi kita sampaikan ke masyarakat untuk waspada. Kami juga minta warga tetap memantau informasi cuaca dari BMKG”, Ujarnya.

Dengan peringatan ini, diharapkan bahwa warga akan lebih memperhatikan situasi cuaca dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk menjaga keselamatan diri dan lingkungan mereka.

Sekedar diketahui, tingginya instensitas curah hujan beberapa hari terakhir ini, mengakibatkan terjadinya tanah longsor dibeberapa titik di Kecamatan Sinjai Borong dan Sinjai Barat, termasuk putusnya jembatan penghubung dua dusun di Desa Songing, Kecamatan Sinjai Selatan akibat diterjang banjir. Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. (ACCA/ADV/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button