AdvedtorialPolitik

Tahapan Pilkada Kota Gorontalo Diluncurkan, SI BENO jadi Maskotnya

BeritaNasional.ID, KOTA GORONTALO — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo resmi meluncurkan tahapan Pilkada (Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo) tahun 2024, Selasa (7/5/2024) malam.

Kegiatan yang berlangsung di rumah adat dulohupa ini dihadiri Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan F. Kono, Ketua dan anggota KPU Kota Gorontalo, Sekretaris KPU Kota Gorontalo, Aniki Suleman, serta pejabat unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Gorontalo.

Hadir pula Ketua dan anggota KPU Provinsi Gorontalo, Sekretaris KPU Provinsi Gorontalo, Mukti Mile, serta jajaran Ketua dan Anggota KPU Kabupaten se-Provinsi Gorontalo.

Rangkaian peluncuran tahapan Pilwako diakhiri dengan pengenalan maskot Pilkada Kota Gorontalo. Maskot Pilkada Kota Gorontalo ini diinspirasi oleh ikon sejarah Kota Gorontalo, yakni Benteng Otanaha. Benteng ini secara historis merupakan tempat pertahanan dari arah laut Teluk Tomini. Kini Benteng Otanaha sebagai sebuah objek wisata sejarah yang ikonik khas Kota Gorontalo.

Dengan latar historis itu Benteng Otanaha* dijadikan sebagai maskot pada Pilkada Kota Gorontalo tahun 2024. Selain menjadi objek maskot, nilai filosofisnya mendalam yang dikaitkan dengan konteks demokrasi lokal di Kota Gorontalo.

Maskot tersebut diberi nama “SI BENO” yang secara harfiah merupakan singkatan dari “Benteng Otanaha”. Tetapi dalam konteks Pilkada Kota Gorontalo “SI BENO” adalah akronim dari “BErintegritas daN demOkratis”.

Karena “SI BENO” sebagai karya rancangan masyarakat dalam sayembara maskot Pilkada Kota Gorontalo, maka akronim itu dianggap oleh KPU sebagai sebuah harapan masyarakat atas terselenggeranya Pilkada Kota Gorontalo yang berintegritas dan demokraris.

Oleh sebab itu, makna filosofis dari “SI BENO” sebagai maskot Pilkada Kota Gorontalo adalah KPU sebagai benteng demokrasi lokal Kota Gorontalo yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan berintegritas.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button