AdvedtorialPemkab SinjaiSinjai

Digelar BPS, Dinkes dan Diskan Sinjai Ikuti Coaching Pembinaan Statistik Sektoral

BeritaNasional.ID, SINJAI SULSEL – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sinjai mengadakan kegiatan coaching pembinaan statistik sektoral untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam pengelolaan data statistik di berbagai sektor, Selasa (23/04/2024) di Aula Kantor BPS Sinjai.

Kali ini, pembinaan yang dilakukan kepada 2 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemkab Sinjai yakni Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Sinjai.

Selain pembinaan statistik sektoral, kegiatan ini juga dilakukan evaluasi perkembangan Indeks Pembangunan Statistik (IPS).

“Jadi kegiatan ini sekaligus dalam rangka
evaluasi terkait dengan tindaklanjut data sektoral yang ada di Kabupaten Sinjai,” Ungkap Kepala BPS Sinjai, Arif Miftahuddin.

Dikatakan pembinaan statistik sektoral merupakan tanggung jawab BPS yang harus dilakukan untuk memberikan pembinaan dan pemahaman kepada OPD terkait tentang perstatistikan secara nasional.

Kemudian sekaitan dengan IPS, pihaknya sudah melakukan perhitungan selama 2 tahun terakhir.

“Alhamdulilah pada kesempatan ini kita melakukan evaluasi sejauh mana perkembangan IPS yang dilihat dari OPD yang menjadi lokus IPS. Ini kami melakukan monitoring terkait perkembangan IPS di Dinas Kesehatan dan Dinas Perikanan. Alhamdulillah perkembangannya cukup positif dan beberapa diantaranya memenuhi target kami,” jelasnya.

Seperti diketahui, BPS saat ini fokus dalam sektor statistik sektoral.

Statistik sektoral adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi tertentu dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan yang merupakan tugas pokok instansi yang bersangkutan.

Selain menghadirkan Dinkes dan Diskan, BPS juga melibatkan instansi dari Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosandi) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) sebagai mitra dalam pembinaan statistik sektor. (ACCA/ADV/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button