Daerah

103 Calon PKD Pemilu 2024 Kecamatan Seruway Mengikuti Wawancara

BERITANASIONAL.ID, ACEH TAMIANG — Tahapan rekrutmen badan adhoc Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) untuk Pemilu Serentak 2024 saat ini tengah memasuki Tes Wawancara, tahap ini berlangsung sejak tanggal 31 Januari hingga 2 Februari 2023 di Kantor Panwaslu Kecamatan se-Aceh Tamiang.

Seperti yang dilaksanakan oleh Panwaslu Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang, sebanyak 103 Calon badan adhoc Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) untuk Pemilu Serentak 2024 mengikuti seleksi Tes Wawancara.

“Hari ini, hari terakhir seleksi Tes Wawancara PKD Pemilu 2024. Dari 24 kampung dalam Kecamatan Seruway ada 103 calon PKD,” sebut Ketua Panwaslu Kecamatan Seruway, Ishak kepada BERITANASIONAL.ID di kantor Panwaslu setempat, Kamis (2/2/2023).

Ishak menyampaikan untuk 24 kampung yang mendaftar sebanyak 108 peserta, namun setelah seleksi adminitrasi ada 103 pendaftar yang dinyatakan lulus adminitrasi.

Kemudian sambung Ishak, dari 103 pendaftar tersebut terdiri dari 52 laki – laki dan 51 perempuan.

Ishak kembali menjelaskan bahwa tahapan Tes Wawancara merupakan bagian penting dalam proses rekrutmen, melalui tahapan ini Panwaslu Kecamatan akan menggali informasi terkait motivasi, integritas, pengetahuan terhadap penyelenggaraan dan pengawasan tahapan Pemilu serta pengetahuan Calon PKD terhadap isu dan kearifan lokal di wilayahnya.

“Pada pelaksanaan Tes Wawancara ini juga akan di klarifikasi terkait rekam jejak dan tanggapan masyarakat terhadap Calon PKD,” tegasnya.

Menurutnya, dengan informasi-informasi yang didapatkan dari Calon PKD selanjutnya akan dilakukan penilaian sesuai pedoman yang disampaikan oleh Bawaslu RI melalui Bawaslu Kabupaten.

Diharapkan melalui serangkaian tahapan mulai seleksi administrasi hingga tes wawancara dapat terpilih calon PKD yang benar-benar berintegritas, professional serta memiliki pengetahuan yang mumpuni untuk mengawal tahapan Pemilu 2024 di wilayahnya masing-masing.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button