DaerahJawa TimurNasionalRagamSitubondo

Capaian Kinerja Kejaksaan 2020, Kasi Datun Kejari Situbondo : PAD dari Sektor Pertambangan Meningkat

BeritaNasional.ID, SITUBONDO – Gigihnya upaya Kejaksaan Negeri Situbondo (Kejari) Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (DATUN) membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), kini mulai menampakkan hasil yang cukup memuaskan.

Secara singkat Kepala Seksi Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (DATUN) Kejaksaan Negeri Situbondo Alfiah Yustiningrum,SH memaparkan dalam press rilis Capaian Kinerja Kejari Situbondo periode Januari – Oktober 2020 yang dihadiri puluhan awak media Pokja Situbondo.

“Bidang Datun Kejaksaan Negeri Situbondo dalam periode Januari – Oktober tahun 2020 telah menandatangani 22 MoU dengan berbagai instansi, dari MoU tersebut kami Memulihan uang negara sebesar Rp 360.380.337,”Papar Kasi Datun.

Diakuinya, jika selama ini pendapatan pajak sering kali tidak sesuai target karena masih saja ada yang nunggak terutama di bidang Pajak mineral bukan logam dan Batuan alias pertambangan. Sehingga perlu ada terobosan baru dalam meningkatkan PAD.

“Dengan adanya MoU, kejaksaan negeri Situbondo secara teknis akan memberikan bantuan hukum non litigasi. Semisal membantu melakukan penagihan kepada wajib pajak dan memulihkan tunggakan pajak daerah melalui bantuan hukum non litigasi itu,’’Jelasnya Rabu 5/11/2020.

Dalam upaya optimalisasi peningkatan PAD Bersama BPPKAD Kabupaten Situbondo dari sektor pertambangan, juga membuahkan hasil, tercatat Pajak Mineral bukan Logam dan Batuan atau sektor pertambangan pada bulan September sebesar Rp 21.732.650 dan pada bulan oktober meningkat menjadi Rp 93.940.250.

“Dalam hal ini kami memberikan pendampingan hukum, pemberian pertimbangan hukum, dan tindakan hukum lainnya kepada BPPKAD mengenai penyelesaian permasalahan hukum perdata dan tata usaha negara sekaligus memulihkan tunggakan pajak. Alhamdulilah PAD dari sektor pertambangan sudah mulai meningkat,’’Ujarnya..

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close